Menikmati Soto Petanahan Khas Kebumen

Jumat, 21 September 2012 ·

Soto ayam petanahan
Dunia kuliner kita memang sangat beragam. Kali ini, postingan masih berkaitan dengan kuliner khusunya yang ada di Kebumen. Sebelumnya sudah saya posting tentang soto tamanwinangun, nasi penggel dan sate khas yaitu sate ambal. Saatnya kini memperkenal makanan khas yang lain yaitu soto petanahan.

Sesuai namanya Soto Petanahan, maka soto ini berasal dari salah satu wilayah yaitu Petanahan, sekitar 18 kilometer dari kota Kebumen. Soto petanahan yang paling dikenal adalah soto pak Kored yang terletak di sebelah selatan pasar Petanahan. Jikalau anda berkunjung ke pantai Petanahan atau sedang dalam perjalanan melalui jalur selatan ( Jalan Daendels) maka lokasi soto petanahan pak Kored akan terlewati.

Soto petanahan, lazimnya soto-soto yang lain tidak ada perbedaan yang sangat mencolok. Jika soto-soto pada umumnya menggunakan campuran nasi, maka soto petanahan ini menggunakan kupat atau lontong dengan tambahan suwiran daging ayam kampung asli. Ciri khas lain yang ada pada soto petanahan didalamnya hanya ada sayuran berupa taoge/kecambah, tidak ada soun/bihun apalagi kubis.

Sebagaimana sajian berkuah lainnya, soto khas Petanahan ini memang paling nikmat disantap saat hangat. Kuahnya sangat menggugah selera, menghangatkan mulut dan tenggorokan. ( Waaah, jadi ingin ke Petanahan menikmati sotonya pak Kored ....tetapi karena jaraknya lumayan dari Kebumen, maka harus ditangguhkan). Akhirnya saya temukan solusinya. Jadi sekarang jangan khawatir, bagi anda yang tidak berkesempatan menikmati soto Petanahan pak Kored, maka sekarang sudah ada alternatifnya.
Soto Ayam Petanahan pak Sodikin
Walaupun sedikit berbeda dengan soto pak Kored, namun setidaknya dengan menikmati soto petanahan pak Sodikin sedikit akan terobati. Lokasinya sangat strategis yaitu di Pusat Jajanan Kebumen, terletak di jalan Mayjend Sutoyo, timur alun-alun Kebumen. Sangat mudah untuk dikenali, karena tempat penyiapan dan penyajian soto petanahan pak Sodikin menggunakan mobil tua yang sudah dimodifikasi sebagai sarana usaha jualan soto. Soto Ayam Kriuk Petanahan Pak Sodikin,  itulah nama usahanya dan hanya buka pada malam hari.

Sekian, semoga bermanfaat ..

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog