Jumat, 07 September 2012

Soto Tamanwinangun, Soto khas Kebumen

Jika kita membicarakan dunia kuliner di negeri tercinta ini, rasanya tak pernah ada habisnya. Ini sebuah bukti betapa sangat beragamnya makanan dan jajanan yang ada di seluruh nusantara ini. Setiap daerah memiliki kekhasan dan ciri tersendiri dalam hal pengolahan dan penyajian aneka makanan yang ada.

Di Kebumen sendiri banyak makanan khas yang dapat ditemukan. Nasi penggel, sate ambal, dan ada juga soto petanahan.Satu lagi yang akan saya share adalah makanan khas berupa Soto Tamanwinangun. Sesuai namanya, soto tamanwinangun mayoritas penjualnya berasal atau berdomisili di kelurahan Tamanwinangun, Kebumen, maka pada akhirnya di kenal dengan soto tamanwinangun.
Soto Tamanwinangun, porsi jumbo
Soto tamanwinangun pada prinsipnya sama dengan soto-soto lainnya, di dalamnya terdapat tauge, kol/kubis, bihun atau soun dengan tambahan potongan daging ayam atau daging enthok. Aroma kuahnya, hmmmm... sangat menggoda selera kita untuk segera menikmatinya. Untuk menu makan malam alangkah baiknya ditambahkan lontong atau kupat, karena soto tamanwinangun memang tidak menggunakan pelengkap nasi.

Penjual soto tamanwinangun umumnya membuka usahanya mulai sore hari jelang petang hingga tengah malam. Hampir di seluruh penjuru jalan dalam kota, gerobak-gerobak soto tamanwinangun dapat dijumpai di pinggir jalan Kusuma, jalan Kejayan, jalan Pahlawan sekitas tugu lawet dan jalan Pemuda kota Kebumen. 

Sebagai referensi dari sekian banyak soto tamanwinangun yang ada, syukur anda dapat mencobanya sendiri. Ini saran gratis dari saya. Soto tamanwinangun Pak Darsum yang mangkal di jalan Pemuda dekat Apotik Lukulo Kebumen,  sejauh ini masih menjadi klangenan  dan menjadi tujuan bagi para penikmat soto tamanwinangun.

Salam ...

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...