Nasi Penggel, Kuliner Khas Kebumen

Sabtu, 08 September 2012 ·

Nasi penggel (Kuliner Kebumen)
Kebumen selain banyak memiliki lokasi wisata yang tersebar dari ujung timur sampai barat, juga memiliki kekayaan berupa aneka ragam makanan khas yang sangat enak. Sate ambal sudah tidak asing lagi, soto petanahan, soto tamanwinangun dan juga ada nasi penggel. Lalu seperti apakah nasi penggel itu ?

Nasi penggel merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas yang ada di kota Kebumen. Berbeda dengan makanan khas lainnya yang ada di kota Kebumen semisal soto tamanwinangun yang dapat kita temui saat sore dan malam hari saja, maka nasi penggel hanya dijajakan oleh para pedagang saat pagi hari saja. Sasarannya jelas, yaitu konsumen atau pelanggan yang membutuhkan sarapan pagi. Pedagang mulai membuka usahanya sekitar pukul 05.30 sampai pukul 09.00. Bahkan terkadang belum sampai pukul 09.00, pedagang nasi penggel sudah tidak dapat kita temui lagi.

Kekhasan nasi penggel yang lain adalah dari aspek penyajiannya. Nasi penggel disajikan dalam bentuk nasi yang dibuat bulatan-bulatan kecil (sebesar bola pingpong) di atas piring yang diberi alas daun pisang.  Bulatan-bulatan nasi yang ada dipiring  tersebut kemudian dituang sayur nangka muda (gori) dan kikil. Untuk lauknya dapat memilih sesuai dengan selera, semisal tempe mendo, tahu ataupun telur dan lauk lain yang tersedia tinggal pilih saja. Kerupuk dan peyek alias rempeyek juga dapat menambah nikmatnya nasi penggel.

Dimana kita dapat menjumpai nasi penggel ? Di kawasan alun-alun Kebumen, tepatnya di depan masjid agung Kebumen, di situ ada penjual nasi penggel yang setiap paginya buka dan laris manis. Anda berminat, silakan joging pagi di alun-alun Kebumen, nikmati nasi penggelnya setelah joging. Jangan lupa yaa .. hanya buka pagi hari.

Salam ..

1 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog