Pesona Keindahan Pantai Menganti di Kebumen

Minggu, 29 Desember 2013 ·

Kabupaten Kebumen,  khususnya wilayah selatan memiliki potensi wisata yang beragam dan sangat mempesona. Potensi wisata Kebumen yang menjadi primadona bagi wisatawan baik lokal ataupun yang berasal dari luar daerah adalah wisata pantai.  Sangat beragam pantainya, dari arah timur ada Pantai Bocor, Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, Pantai Karangbolong, Pantai Menganti dan Pantai Logending atau Pantai Ayah.
Pantai Menganti Kebumen (dok.pribadi)
Minggu (29/12/13) saya beserta anak berkesempatan mengunjungi Pantai Menganti, sebuah pantai yang berada diantara Pantai Karangbolong dan Pantai Logending atau beberapa orang sering menyebutnya Pantai Ayah. Meluncur dari arah timur melewati Jalan Daendels, terlihat Pantai Suwuk padat oleh pengujung dengan mobil berjejer ditempat parkir. Gerbang Pantai Karangbolong juga kulewatkan, karena beberapa minggu yang lalu baru berkunjung ke Pantai Karangbolong.

Jalur menuju Pantai Menganti termasuk jalur yang menantang, sehingga dibutuhkan kewaspadaan dalam mengendalikan kendaraan. Jalan naik turun dan tikungan tajam mewarnai perjalanan untuk dapat menikmati pesona keindahan Pantai Menganti. Namun demikian, sejauh mata memandang kita disuguhi bukit atau pegunungan yang asri dengan udara yang sejuk. 

Sangat fantastis, dari jalan yang kita tempuh tepat di atas bukit, kita dapat melihat birunya laut dengan panorama alam pantai yang sangat menawan. Butiran pasir berwarna putih menambah keelokan pantainya. Puluhan perahu nelayan berjejer ditepian pantai menjadi daya tarik yang sangat luar biasa. Rasanya ingin segera sampai dipantai, menikmati deburan  ombak menerjang karang-karang yang begitu tegar.

Puas menikmati panorama pantai dan pegunungan dari atas bukit, bergegas menuju pantai dengan perlahan menuruni jalanan curam dengan jurang yang ada di sebelah kanan kirinya. Harus ekstra hati-hati untuk dapat menuju pantai yang sangat indah ini. Ketika sampai di lokasi, posisi jarum jam tangan tepat di angka sepuluh. Pengunjung sangat ramai,  terlebih disekitar pantai juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kedai-kedai penjual makanan minuman banyak dikunjungi oleh pembeli yang ingin menikmati pesona pantai sambil makan dan minum.

Usai melepas dahaga dengan minuman kelapa muda, menyusuri pantai sambil menikmati deburan ombak menjadi hal yang tidak dapat ditinggalkan. Batu-batuan dan karang banyak terdapat di pantai ini terutama bagian timur, sehingga beberapa pengunjung harus sangat berhati-hati. Di belahan pantai bagian barat didominasi warna putih dari butiran-butiran pasir yang ada dipantai. Pantai yang berpasir putih inilah yang menjadi pembeda diantara Pantai Menganti dengan pantai-pantai lain yang ada di Kebumen.
Hati-hati  .... setiap saat ombak datang (dok.pribadi)
Memandang disekitar kita dapat melihat para nelayan sibuk ditepian mengurusi perahu-perahunya. Di tengah lautan lepas kita juga melihat para nelayan sedang berjuang mencari sumber penghidupan. Beberapa pengunjung terlihat asyik mengabadikan gambarnya di tepian pantai dengan latar batu karang. Ketika terik matahari semakin terasa, tibalah saat untuk menjauh perlahan dari tepian pantai. Faktor perut juga sangat dominan sebagai pertimbangan. Jadi apalagi kalau tidak segera berburu makan siang. Oke, itulah postingan saya untuk kali ini.

Semoga bermanfaat. Terimakasih dan salam ....
  

1 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog