Semarak Pawai Budaya di Kebumen

Senin, 30 Desember 2013 ·

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang pergantian tahun baru Pemkab Kebumen disibukkan dengan berbagai kegiatan yang beragam. Pasalnya bertepatan dengan pergantian tahun baru setiap tanggal 1 Januari itulah merupakan hari jadi kota Kebumen. Serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-78 Kabupaten Kebumen tahun ini telah dilaksanakan seperti lomba-lomba dalam bidang olahraga dan kegiatan sosial berupa pasar murah.
 
Kegiatan lain yang dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Desember 2013 dan berskala nasional adalah Trabas Trail " Kebumen One Day Adventure Enduro" dengan peserta yang melimpah mengambil start di alun-alun Kebumen. Peserta trabas trail diajak untuk menikmati keindahan alam Kebumen dengan menyusuri jalan-jalan pedesaan yang ada di wilayah kabupaten Kebumen. Kegiatan lainnya adalah penyelenggaraan Kebumen Expo yang dimulai tanggal 26 Desember 2013 dan berakhir 2 Januari 2014 mendatang. Panggung hiburan rakyat yang menampilkan berbagai kesenian tradisinal Kebumen juga dilaksanakan di alun-alun Kebumen.

Rangkaian kegiatan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Kebumen dan sekitarnya adalah Pawai Budaya Kebumen. Walaupun kegiatan baru akan dilaksanakan pukul 14.00, namun pukul 12.30 ribuan warga dari berbagai daerah di Kebumen tumpah ruah memenuhi jalan-jalan yang menjadi rute Pawai Budaya Kebumen tahun ini. Terik matahari tidak menyurutkan masyarakat baik tua, muda ataupun anak-anak untuk dapat melihat langsung para peserta pawai tersebut.  
Pawai Budaya Kebumen (dok.pribadi)
Pawai Budaya Kebumen tahun ini dilaksanakan hari Senin, 30 Desember 2013 (siang hingga sore) dengan mengambil start/finish di alun-alun Kebumen. Rute yang dilalui para perserta pawai yaitu dari Jalan Pahlawan, Tugu Walet, Jalan Kusuma, Jalan M. Sarbini, Jalan Veteran dan finish di alun-alun Kebumen. Ribuan orang berdesak-desakan di sepanjang jalan sehingga menambah semarak penyelenggaraan Pawai Budaya Kebumen ini. Tampilnya model-model lokal yang cantik dengan berbalut batik tulis Kebumen menjadi daya tarik sendiri.  Batik tulis Kebumen saat ini memang sedang gencar dipromosikan dan sangat potensial sehingga hal ini dapat menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kebumen.
Pawai Budaya Kebumen (dok.pribadi)
Bupati Kebumen Buyar Winarso, SE beserta istri mengenakan pakaian adat  dengan kereta  yang tumpanginya. Selanjutnya diikuti oleh barisan delman para petinggi atau pejabat di lingkungan kantor, instansi pemerintah daerah Kebumen dengan mengenakan pakaian adat.Utusan dari berbagai lembaga pendidikan seperti sekolah-sekolah sangat mendominasi kegiatan pawai dengan berbagai kreativitas dalam tampilannya. Tidak ketinggalan lembaga perbankan dan dunia usaha serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pawai Budaya Kebumen tersebut.

Ribuan orang membubarkan diri ketika iring-iringan para peserta pawai tidak terlihat lagi. Mundur teratur, aman dan lancar menuju ke rumah masing-masing. Tidak terkecuali saya, segera bergegas pulang menuju kediaman di Kutosari. 

Semoga bermanfaat. Terimakasih dan salam ...

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog