Senin, 10 September 2012

Mengikuti Silaturahmi Warga Desa Kutosari

Pra acara silaturahmi
Hari Ahad, 9 September 2012 bertempat di Balai Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen suasana kebahagiaan dan kebersamaan sangat terasa sekali. Kepala desa dan perangkatnya dibantu dengan beberapa warga, hari itu mengadakan acara silaturahmi bagi warga desanya. Silaturahmi antara aparat desa dengan warga adalah kegiatan rutin yang telah diselenggarakan dari tahun ke tahun. Momen Idul Fitri 1433 H terasa sangat tepat untuk saling bermaaf-maafan. 

Dalam rangka menjalin dan menyambung rasa persaudaraan segenap warga desa, maka kegiatan silaturahmi dapat dijadikan cara untuk tetap berkomunikasi menjaga dan memupuk kebersamaan yang telah ada.Sudah barang tentu bukan hanya karena faktor perayaan Idul Fitri saja, silaturahmi diadakan. Silaturahmi bermakna sangat luas, dan hal ini dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan yang ada didesa. Silaturahmi antara sesama harus dipupuk sehingga tercipta kondisi masyarakat yang aman, tentram dan damai.

Hampir seluruh elemen masyarakat hadir dalam acara tersebut, mulai segenap perangkat desa, ketua RT, ketua RW, BPD, dan beberapa undangan untuk warga masing-masing wilayah yang ada di Kutosari. Hadir pula Tugiyono, S.Sos camat Kebumen. 
Kegiatan pra acara silaturahmi diisi oleh group rebana RW 4 Kutosari yang baru-baru ini mewakili lomba rebana tingkat kabupaten dan memperoleh juara 2. Beberapa lagu didendangkan oleh group rebana tersebut sambil menantikan kehadiran  Kyai Fahrudin, S.Ag yang rencananya akan memberikan tausyiah berkaitan dengan silaturahmi. 
Kegiatan silaturahmi warga Kutosari
Pukul 09.30, acara dimulai. Ketua panitia memberikan sambutan singkatnya. Disusul ikrar silaturahmi oleh warga masyarakat yang diwakili oleh H. Muchlas, S.Pd beserta istri. Ikrar ditujukan kepada kepala desa Kutosari yaitu H. Muh. Fadlan beserta ibu. Sambutan singkat kepala desa berlalu, kemudian sambutan dari camat Kebumen berakhir sudah. Acara pungkasan yang banyak dinantikan adalah hadirin adalah tausyiah dari Kyai Fahrudin, S.Ag segera dimulai.

Gema wahyu Illahi berupa bacaan ayat-ayat suci al qur’an dilantunkan dengan indahnya oleh seorang ibu muda, warga desa Kutosari. Sampai saatnya pun tiba, uraian hikmah silaturahmi yang sangat dinantikan akhirnya sampai juga. Beberapa hal yang dapat saya tangkap dari uraian hikmah silaturahmi adalah Allah SWT akan melapangkan rezeki orang yang suka menyambung tali silaturahmi. Allah juga akan memanjangkan umur kepada umat yang tetap menjaga silaturahmi dengan sesama. Silaturahmi juga akan memperkuat keimanan kita.

Saling berjabat tangan alias bersalam-salaman mengakhiri kegiatan silaturahmi warga desa Kutosari.

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...