Pesona Bukit Pentulu Indah di Kebumen

Rabu, 24 Februari 2016 ·

Wisata di Kebumen semakin bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran media sosial sangat berpengaruh terhadap dunia wisata khususnya di wilayah Kebumen. Salah satu tempat wisata yang saat ini ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal adalah Bukit Pentulu Indah.
Rumah pohon di Bukit Pentulu Indah (dok.pribadi)
Bukit Pentulu Indah terletak di dukuh Dakah, masuk wilayah desa Karangsambung, kabupaten Kebumen. Karangsambung sudah sangat dikenal oleh berbagai kalangan dengan adanya LIPI. Terlebih bagi para ahli kebumian khususnya geologi, Karangsambung adalah referensi utama yang tidak dapat diabaikan. Bahkan pada tanggal 10 Nopember 2006 silam, Karangsambung telah ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Nasional oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. 

Bukit Pentulu Indah berada tepat di sebelah utara sekitar 3 kilometer dari kawasan LIPI Karangsambung. Jika ditempuh dari kota Kebumen perjalanan menuju ke Bukit Pentulu Indah jarak tempuhnya sekitar 24 kilometer. Perjalanan dari kota Kebumen  serasa akan sangat menarik sekali, karena disekeliling jalan kita dapat melihat berbagai pesona alam yang ada. Sungai Luk Ulo, sungai terbesar di Kebumen dapat kita lihat aliran airnya. Sementara disisi lain kita dapat menikmati panorama alam kombinasi dari pepohonan hijau dan bebatuan yang besar.

Dua kilometer menuju Bukit Pentulu Indah akses jalan menanjak mulai dapat kita rasakan. Bagi pengguna motor atau pun kendaraan roda empat harus ekstra hati-hati karena disekitar kanan kiri terdapat jurang. Apalagi jalanan aspal sudah banyak yang mengelupas, tergerus oleh beban berat truk-truk pengangkut material batu dan kayu. Oleh karenanya harus dipastikan bahwa kondisi kendaraan yang akan dibawa menuju Bukit Pentulu Indah adalah kendaraan yang sehat.

Lokasi Bukit Pentulu Indah adalah kawasan hutan pinus yang dikelola oleh Perhutani bekerja sama dengan pemuda dukuh Dakah dalam pengembangannya. Tiba di Bukit Pentulu Indah, sejauh mata memandang pohon pinus menari-nari  diiringi suara angin yang khas. Lokasi parkir motor dan kendaraan roda empat sudah tersedia di pintu masuk menuju Bukit Pentulu Indah. Kita hanya dibebani biaya parkir saja untuk dapat menikmati keindahan Bukit Pentulu Indah.

Pintu masuk Bukit Pentulu Indah terlewati, disisi kanan kiri hutan pinus tumbuh menjulang. Gerak langkah kaki berusaha terus menuju puncak bukit. Keringat mengalir karena langkah-langkah kaki semakin melemah menapaki jalan yang semakin menanjak. Terdengar di atas sana suara-suara yang menandakan adanya banyak aktivitas yang dilakukan. Takjub dan sungguh luar biasa akan segala ke-Agungan yang Kuasa. Pesona bukit yang betul-betul indah dan memanjakan mata.
Pintu Masuk Bukit Pentulu Indah (dok. pribadi)
Berbagai kegiatan dilakukan oleh beberapa lembaga atau sekolah. Terlihat ratusan pramuka sedang melakukan kegiatan outbond yang dipandu pembimbingnya.Terlihat pula orang tua, muda mudi serta beberapa keluarga sedang bercengkerama di tempat yang agak teduh sambil menikmati makanan. Jangan lupa jika berkunjung ke sana mencoba naik menggunakan tangga menuju rumah pohon. Pesona bukit Pentulu Indah semakin terasa indah jika menikmatinya dari rumah pohon. 
Outbond di Bukit Pentulu Indah (dok.pribadi)
Bukit Pentulu Indah tidak hanya ramai saat pagi, siang atau sore hari. Namun malam hari pun banyak aktivitas yang dilakukan oleh beberapa komunitas, pemuda, anak sekolah dengan mendirikan tenda untuk menyambut terbitnya sang matahari. Matahari terbit itulah yang ditunggu-tunggu oleh beberapa penggemar fotografi sehingga sampai harus rela bermalam di Bukit Pentulu Indah.

Anda penasaran ? Silakan segera persiapkan segala sesuatu untuk menuju kesana. Terima kasih dan salam ...


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog