Minggu, 28 Februari 2016

Aksi Bersih-bersih Pantai Ambal

Salah satu program OSIS SMK Negeri 1 Ambal adalah kepedulian terhadap lingkungan yang diwujudkan dalam kegiatan bersih-bersih pantai Ambal. Aksi bersih-bersih pantai Ambal ini melibatkan seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah sekitar 609 siswa ditambah unsur guru dan karyawan berkisar 70 orang. Koramil Ambal juga mengirimkan 5 personilnya untuk terlibat dalam kegiatan yang dimotori oleh pengurus OSIS.

Pukul 07.30 seluruh peserta bergerak dari titik start di halaman SMK Negeri 1 Ambal menuju ke pantai Ambal dengan berjalan kaki. Peserta bersih-bersih pantai Ambal tiba di lokasi pada jam 08.00, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 kilometer. Pengurus OSIS membagikan kantong-kantong plastik kepada seluruh peserta untuk memilah sampah yang organik dan nonorganik. 
Bersih-bersih Pantai Ambal (dok.pribadi)
Teknis bersih-bersih pantai Ambal diambil alih oleh Koramil didampingi oleh OSIS dan selanjutnya peserta dibagi dalam 2 kelompok. Untuk kelompok putri membersihkan pantai Ambal di bagian sebelah timur, sedangkan untuk kelompok putra membersihkan pantai sebelah barat. Segera bergegas peserta membersihkan pantai ketika diberikan komando untuk segera membersihkan.

Hasilnya dalam waktu kurang lebih 1,5 jam saja pantai Ambal tampak bersih bebas dari sampah. Saatnya peserta bersih-bersih pantai menikmati deburan pantai Ambal. Bermain dan bercengkerama diatas pasir pantai yang sudah bersih. Ada pula beberapa peserta yang mencoba berburu undur-undur dan kegiatan santai lainnya.

Sekitar jam 10 lebih peserta meninggalkan lokasi pantai Ambal. Rasa senang dan gembira peserta berjalan pulang menuju sekolah tercinta.  Namun sayangnya, ada seonggok keyakinan yang tidak dapat terjawab. Esok pantai yang sudah bersih itu akan dipenuhi sampah-sampah dan siapa lagi yang akan membersihkannya ?  Jawabnya hanya satu : Yo Embuhhh ...

Semoga pihak-pihak terkait dalam hal ini pemdes Ambalresmi, penjual makanan minuman di sekitar pantai Ambal lebih dapat menjaga kebersihan pantai.  


Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...