Outbond dan Rafting bagi Pengurus OSIS di Magelang

Senin, 29 Februari 2016 ·

Di awal bulan Februari 2016 yang lalu, OSIS SMK Negeri 1 Ambal mengadakan kegiatan outbond dan rafting di Kampung Ulu Resort, Magelang. Kegiatan yang di rancang mulai bulan Desember 2015 tersebut akhirnya dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Pagi yang cerah, jam 06.00 segenap pengurus OSIS SMK Negeri 1 Ambal sudah berkumpul di halaman sekolah menunggu kedatangan armada bis yang akan membawa mereka menuju Kampung Ulu, Magelang. Ketika bis menepi, segala persiapan telah dilakukan dan tidak lupa dilakukan presensi, mengecek kehadiran segenap pengurus OSIS. Alhamdulillah genap 40 siswa hadir semua dan siap mengikuti kegiatan dengan bimbingan dari pembina OSIS. Tepat jam 06.30 bis meluncur meninggalkan Ambal menuju Magelang.
Presensi peserta sebelum berangkat (dok.pribadi)
Suasana santai dan riang tercipta dalam bis. Canda tawa dan gurauan sesama teman adalah cerita indah menjadi kenangan yang sangat berkesan. Perjalanan yang lancar tanpa macet, alhamdulillah Kampung Ulu Resort dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam. Tim Kompas Adventure telah siap menerima dan menyambut hangat kehadiran kami. 

Kegiatan outbond dimulai, segenap pengurus OSIS merasa senang dengan kegiatan tersebut. Kerjasama tim dalam sebuah permainan membuat mereka semangat,  tanpa kenal lelah walau terik matahari begitu panas. Mereka sangat menikmatinya dan tanpa terasa jam istirahat tiba. Tepat pukul 12.00 seluruh peserta rehat menikmati makan siang dilanjutkan dengan ibadah.
Salah satu kegiatan outbond (dok.pribadi)
Satu jam istirahat terasa cukup,  jam 13.00 saatnya rafting. Segenap pengurus OSIS dan juga pembina memasuki angkot untuk menuju sungai Elo. Beberapa angkot beriringan dengan membawa perahu karet dan perlengkapannya. Tibalah di starting point sungai Elo, tempat dimana memulai kegiatan rafting.
Starting point sungai Elo (dok.pribadi)
Perlengkapan rafting segera dikenakan, breefing adalah kegiatan pertama yang dilakukan sebelum benar-benar mengarungi sungai Elo. Foto bersama dengan seluruh peserta rafting dilakukan dan satu persatu peserta menuju perahu karet. Satu perahu berisikan 5 dampai 6 orang peserta dan satu instruktur dan pengarungan segera dimulai.

Arus air terhitung besar, terlebih semalam hujan yang mengguyur Magelang menambah suasana rafting semakin mengasyikan. Yel-yel dari masing-masing kelompok perahu tertentu menambah semangat untuk terus mendayung bahkan jika memungkinkan dapat melewati perahu kelompok lain yang ada didepanya. Semua tampak gembira walau harus basah kuyup terkena deburan air. Banyak kelokan dengan arus dan bebatuan yang besar sehingga dengan ekstra tenaga harus memegang tali perahu agar tidak jatuh. Begitu dahsyat terasa ketika melewatinya, sungguh kebahagiaan yang tiada kira.
Pengarungan yang menantang (dok.pribadi)
Pengarungan berhenti untuk rehat dan menikmati air kelapa muda serta snack yang disediakan oleh operator arung jeram. Perjalanan baru menempuh setengahnya, dari 12 kilometer yang harus dilalui. Beberapa makanan tradisional dilahap habis, energi yang terkuras harus diimbangi dengan masuknya makanan kecil. Perjalanan berlanjut ketika istirahat dirasakan sudah cukup, kembali menuju perahu menerjang bebatuan dan melintasi arus yang menantang.

Rehat dan maknyusss ... semua kebagian (dok.pribadi)
Hampir sekitar 3 jam mengarungi sungai Elo dengan perasaan yang riang tanpa terasa perahu merapat menuju batas akhir dari pengarungan. Satu persatu meninggalkan perahu menuju angkot yang telah siap menjemput untuk menuju ke Kampung Ulu Resort. Angkot berangkat ketika sudah terisi penuh, berjalan beriringan dengan perahu-perahu karet yang ditempatkan dibagian atas.

Rona kebahagian nampak pada peserta ternyata mampu menghilangkan rasa lelah untuk menempuh pengarungan sungai Elo. Terasa sangat memuaskan, selanjutnya peserta melakukan kegiatan bersih diri dengan mandi dan berganti baju dilanjutkan dengan beribadah sholat Ashar. Sesi terakhir dari kegiatan outbond adalah makan bersama dan tibalah saatnya kembali ke Kebumen ketika makan telah selesai dilakukan.

Hari yang luar biasa, selamat tinggal sungai Elo ...

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog