Menikmati "Car Free Day" di Alun-alun Kebumen

Minggu, 24 Februari 2013 ·

Terhitung mulai tanggal 13 Januari 2013 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menerapkan kawasan alun-alun bebas dari kenderaan bermotor setiap hari Minggu (Car free day) mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Pemberlakukan car free day ini secara otomatis membawa dampak terhadap para pengguna jalan raya sehingga alternatif pengalihan arus lalu lintas sudah matang dipersiapkan. Salah satunya adalah arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Ronggowarsito, Pejagoan dialihkan melalui Gang Lusi Kauman, Gang Bengawan, Jalan Pierre Tendean hingga Jalan Raya Pahlawan di perempatan Mertokondo.
Acara senam rutin di Car Free Day Kebumen(doc.pribadi)
Sebulan lebih car free day (CFD) telah dilaksanakan, rupanya  respon yang sangat baik muncul dari masyarakat Kebumen dan sekitarnya. Berbagai kegiatan olahraga semisal senam, lari, bersepeda dan tak lupa acara musik menjadi hiburan yang dapat dinikmati seluruh pengunjung di kawasan alun-alun Kebumen. Di kawasan alun -alun Kebumen ini pula banyak tersedia aneka makanan dan minuman yang dijajakan oleh para pedagang, sehingga bagi para pengunjung tidak perlu merisaukan akan urusan atau kebutuhan perut.
Acara musik hadir di Car Free Day secara rutin (doc.pribadi)
PB Bina Pratama, sebuah klub bulutangkis di Kebumen juga ikut merespon positif kegiatan car free day tersebut. Minggu (24-02-2013), kegiatan latihan rutin bulutangkis yang biasanya dilakukan di GOR Kaji Hojali, Selang, Kebumen dialihkan menjadi latihan fisik di kawasan alun-alun Kebumen. Seluruh siswa PB Bina Pratama hadir dan aktif dalam acara tersebut dengan arahan bimbingan pelatih Septi Baryanti dan Slamet Widodo serta asisten pelatih Saiful Hidayat.
Sesi pemanasan (doc.pribadi)
Setelah kegiatan pemanasan selesai, seluruh siswa sangat giat untuk mengikuti latihan fisik berupa lari mengelilingi alun-alun hingga beberapa putaran, dilanjutkan dengan skipping atau lompat tali dan kegiatan fisik lainnya. Latihan fisik dan rekreasi ditempat-tempat tertentu memang merupakan agenda rutin dari pelatih dan pengurus klub dalam rangka meningkatkan kondisi fisik anak-anak sekaligus sarana berwisata secara murah meriah.
Skipping (doc.pribadi)
Saat anak-anak berlatih keras, peran serta dan dorongan dari orang tua terhadap anak-anak mutlak dibutuhkan. Alhamdulillah orang tua atau wali siswa klub PB Bina Pratama Kebumen memiliki kebersamaan yang sangat luar biasa sehingga terlihat kompak dan bersemangat mengantarkan anak-anaknya sampai dilokasi latihan di kawasan alun-alun Kebumen.  Beberapa orang tua bahkan memanfaatkan momen tersebut sebagai sarana rekreasi dengan membawa seluruh anggota keluarganya menikmati suasana car free day.

Bersamaan dengan berakhirnya car free day tepat pukul 09.00 WIB, maka berakhir pula kegiatan latihan fisik siswa PB Bina Pratama di alun-alun Kebumen. Inilah cara kami menikmati car free day di alun-alun Kebumen, yang mungkin berbeda dengan yang lainnya. Terlihat jelas keringat mengucur deras dari seluruh siswa, tidak ada rasa keluh kesah merasa lelah. Raut wajahnya tenang menunjukkan rasa senang, riang  terlebih lagi ketika pengurus klub membawakan minuman susu kedelai atau sule untuk mereka semua. Sesaat ratusan bungkus susu kedelai habis tak tersisa. Alhamdulillah ...... tidak sia-sia.

Tetap semangat anak-anakku. Teruslah berlatih, salam dan terimakasih ...


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog