Kamis, 27 Desember 2012

Sop Daging Sapi Rosya, Kuliner dari Kebumen

Kebumen tidak hanya dikenal sebagai daerah tujuan wisata pantai dan alam saja. Kuliner Kebumen pun saat ini sudah semakin banyak dikenal oleh masyarakat umum seperti soto tamanwinangun, soto petanahan, nasi penggel, dan sate khas Kebumen yaitu sate ambal. Satu lagi,  referensi kuliner dari kota Kebumen yang saat ini menjadi  incaran banyak orang adalah Sop Daging Sapi Warung Makan Rosya atau dikenal dengan Sop Rosya. 

Walaupun warung makan Rosya menyediakan berbagai macam makanan seperti opor, pecel dan yang lainnya, namun sop daging sapi menjadi menu yang spesial. Hal ini terbukti ketika saya mengunjungi warung makan ini untuk kesekian kalinya, mayoritas pengunjung adalah mereka yang ingin menikmati kelezatan sop daging sapi.  Tidak terbantahkan banyaknya pengunjung yang ingin menikmati sop daging sapi, saya pikir sudah dapat dijadikan  alat pengukur bahwa kelezatan dan kenikmatan sop daging sapi warung makan Rosya ini tidak diragukan lagi.
Sop daging sapi Rosya (doc.pribadi)

Sop daging sapi Rosya ini rasanya khas, aroma kuahnya sangat menggoda selera, sedap, seger dan dagingnya sangat empuk. Sebagaimana makanan berkuah lainnya, sudah barang tentu sop ini akan lebih terasa nikmat  jika disajikan dan dinikmati saat masih mengepul. Sepiring nasi dan aneka gorengan akan menemani semangkok sop daging sapi tersebut. Sebagai pelengkap sambel dan kecap manis akan memberikan sentuhan rasa yang lebih pas. Hmmm ...mantap tenan.

Bagi anda yang ingin menikmati sop daging Rosya ini, saya berikan bocoran lokasinya yaitu di Jalan Raya Kutoarjo No. 39 Selang, Kebumen. Tepatnya Kebumen bagian timur. Lokasi parkir luas dan sangat strategis karena persis dipinggir jalan raya. Jika anda akan menuju arah Purwokerto dari arah Yogyakarta atau  sebaliknya maka yang harus dilakukan adalah arahkan kendaraan anda lurus masuk dalam kota Kebumen  jangan berbelok melalui jalan lingkar selatan.

Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam ..

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...