Minggu, 16 September 2012

Lomba Kompetensi Siswa SMK di Kebumen

LKS Prodi Tata Niaga di Kebumen
Lomba Kompetensi Siswa atau sering disingkat LKS adalah kegiatan rutin setiap tahun yang berbentuk kompetisi antar siswa pada jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK). Kegiatan lomba ini adalah serangkaian kegiatan seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten, propinsi, hingga tingkat nasional.

Lomba kompetensi siswa ini pelaksanaannya disesuaikan dengan bidang keahliannya masing-masing. Salah satu kegiatan lomba kompetensi siswa yang saya intip adalah LKS tingkat kabupaten Kebumen untuk program studi keahlian Tata Niaga dengan bidang keahlian Bisnis dan Manajemen.

Lomba ini diikuti oleh wakil siswa-siswi terbaik sesuai bidangnya dari seluruh sekolah yang ada di kabupaten Kebumen, baik yang berasal dari sekolah negeri ataupun swasta. Kegiatan lomba kompetensi siswa ini dilaksanakan pada hari Rabu sampai dengan Kamis, 6 - 7 September seminggu yang lalu bertempat di SMK Negeri 1 Kebumen, Jalan Cemara, Kebumen.

Beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta lomba adalah pembuatan lay out, membungkus kado, parcel dan display. Kompetensi lain yang harus dapat ditunjukkan kepada para juri oleh peserta lomba adalah dalam hal presentasi bisnis, direct selling dan laporan penjualan. Selama kegiatan lomba, peserta didampingi oleh guru pembimbing masing-masing. 

Penonton yang rata-rata masih berseragam sekolah tampak antuasias menyaksikan sekaligus memberikan support untuk peserta  lomba kompetensi siswa ini. Lomba berakhir sore hari dan untuk pengumuman pemenang akan ditentukan kemudian setelah para juri mengkalkulasi semua skor perolehan dari masing-masing peserta. Pemenang LKS ini pada saatnya nanti akan mewakili kabupaten untuk berlomba pada tataran yang lebih tinggi yaitu di tingat propinsi.

Terimakasih dan salam ..

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...