UKG - Uji Kompetensi Guru

Jumat, 27 Juli 2012 ·


Guru mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional. Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Oleh karenanya guru selalu dituntut untuk selalu mengembangkan diri selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Tidak semua orang dapat menjadi guru, kualifikasi akademik dan kompetensi guru pun telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2007. UKG (Uji Kompetensi Guru) yang saat ini banyak dibicarakan adalah salah satu bentuk untuk  memetakan penguasaan kompetensi guru sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru. Hal ini terkait juga dengan adanya pelaksanaan penilaian kinerja guru, jadi UKG dapat dijadikan sebagai entry point dalam penilaian kinerja guru.

Dalam UKG, kompetensi yang diujikan adalah kompetensi Pedagogik dan Profesional. Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru dapat melihat di KISI-KISI UKG.

Salam ..

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog