Deklarasi Kebumen sebagai Kota Vokasi

Kamis, 05 Juli 2012 ·

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu, khususnya sektor formal. Disisi lain dalam dunia industri kebutuhan akan tenaga kerja yang betul-betul memiliki kompetensi dalam berbagai bidang sudah menjadi tuntutan. Oleh karenanya dalam penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan perlu upaya berkelanjutan sehingga pengembangan dan peningkatan mutu pengelolaan pendidikan menengah kejuruan (baca : SMK) menjadi harga mati.

Salah satu bentuk kebijakan guna mendukung konsep pengembangan pendidikan kejuruan yaitu dengan dideklarasikannya Propinsi Jawa Tengah sebagai Propinsi Vokasi pada tanggal 12 April 2008 oleh Gubernur/Walikota se-Jawa Tengah. Pengembangan Propinsi Jawa Tengah sebagai Propinsi Vokasi diartikan sebagai upaya menjadikan Propinsi Jawa Tengah sebagai sebuah propinsi yang menjadi pusat koordinasi dan kebijakan pendidikan kejuruan yang bermutu dan akses masyarakat yang tinggi, yang menghasilkan tenaga kerja potensial dan terciptanya masyarakat produktif dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, sekaligus mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi.
Bupati Kebumen menerima maskot Kebumen Kota Vokasi
Sebagai wujud komitmen yang tinggi, maka Kebumen sebagai salah satu kabupaten yang terletak di bagian paling selatan propinsi Jawa Tengah telah mendeklarasikan Kebumen sebagai kota vokasi pada hari Rabu, 27 Juni 2012. Deklarasi dan pengembangan Kebumen sebagai kota vokasi dimaksudkan sebagai peningkatan mutu SMK dan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan menengah kejuruan guna menghasilkan tenaga kerja yang potensial, produktif dan mandiri dalam rangka mengurangi tenaga kerja yang menganggur sekaligus mengurangi jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kebumen.

Deklarasi Kebumen sebagai kota vokasi dikukuhkan oleh Bupati Kebumen, H. Buyar Winarso, SE. Tema yang diangkat dalam deklarasi tersebut adalah "Bersama SMK Kita Wujudkan Kemandirian Teknologi. Industri dan Perekonomian Menuju Kebumen Maju dan Sejahtera ". Hadir dalam kegiatan tersebut berbagai tamu undangan, pejabat di lingkungan pemda, jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, serta segenap kepala sekolah menengah kejuruan di wilayah kabupaten Kebumen.
Sate khas Ambal banyak diminati pengunjung pameran
Kegiatan deklarasi tersebut diramaikan pula dengan berbagai macam kegiatan yaitu pameran dan pentas seni dari seluruh SMK di wilayah Kebumen yang mulai pada tanggal 27 sampai 29 Juni 2012. Usai deklarasi, Bupati Kebumen bersama tamu undangan langsung mengunjungi berbagai stand pameran dari seluruh SMK dari berbagai macam bidang keahlian. Tidak ketinggalan Bupati Kebumen dan rombongan juga mengunjungi stand kami, SMK Negeri 1 Ambal yang mengeluarkan berbagai macam produk. Dari sekian banyak produk yang ditawarkan produk berupa sate ayam khas Ambal dan aneka juice hasil karya siswa-siswa SMK Negeri 1 Ambal menjadi produk yang paling banyak diminati oleh pengunjung.

Salam ..

Sumber pendukung : Manual Deklarasi Kebumen sebagai Kota Vokasi

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog