Taman Kota Kebumen

Senin, 25 Juni 2012 ·

Ruang publik berupa taman kota akhirnya benar-benar terwujud di kota Kebumen. Setelah alun-alun Kebumen direnovasi dan dijadikan sebagai ruang publik, kini taman kota yang diberi nama Taman Kota Jenderal HM Sarbini hadir di kota tercinta ini. Bahkan taman kota ini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat umum, mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua.
Taman Kota Sarbini di malam hari  ( Foto : Ario M Sano)
Peresmian taman kota ini sendiri telah dilakukan oleh orang nomor satu di Kebumen yaitu Buyar Winarso, SE pada tanggal 25 Mei 2012. Taman kota ini dibangun dengan dana dari APBD tahun 2011 sebesar 2,5 M dan ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah setempat untuk menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) yang sekaligus merupakan upaya untuk memenuhi harapan masyarakat kota Kebumen akan tempat yang bersih, segar, menyenangkan, aman dan nyaman. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan slogan kota Kebumen yaitu BERIMAN ( Bersih, Indah, Manfaat, Aman dan Nyaman ).

Sebagaimana lazimnya taman kota, maka taman kota ini berfungsi sebagai tempat untuk bersantai atau melakukan rekreasi bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa mengenal kelompok usia. Banyak anak-anak bermain dengan didampingi oleh orang tuanya, beberapa kelompok anak muda memanfaatkan gazebo untuk saling berbagi dan berinteraksi. Beberapa kelompok remaja lain memanfaatkan sarana hotspot area untuk mengakses internet atau bahkan ada yang hanya sekedar nongkrong saja. Terlebih di taman kota ini banyak fasilitas pendukung selain hotspot area, ada juga taman bermain dan sarana usaha berupa kios-kios yang menyediakan aneka ragam kebutuhan. 

Satu lagi, hal yang menjadi kekhususan taman kota Kebumen ini adalah, fungsinya tidak hanya sekedar untuk bersantai, rekreasi semata. Namun unsur edukasi juga tidak dilupakan, dalam hal ini taman kota Kebumen ini menyediakan sarana pembelajaran bagi anak-anak khususnya terkait dengan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas. Oleh karenanya taman kota Jenderal HM Sarbini,  ada yang menyebutnya dengan Taman Lalu Lintas.

Sumber pendukung :
- http://www.kebumenkab.go.id/index.php/public/potenda/detail/12

3 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog