Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada suatu pasar agar diperhatikan, diminta, dibeli dan dikonsumsi shg memuaskan kebutuhan.
Produk dapat berupa :
• Barang (mempunyai wujud)
• Jasa (tak ada wujud)
PRODUK BERUPA BARANG:
• Pemilihan Produk yg akan dibuat harus dilakukan dengan identifikasi kebutuhan konsumen :
a. KEBUTUHAN POKOK/UTAMA
b. KEBUTUHAN PENUNJANG
c. KEBUTUHAN PELENGKAP/MEWAH
Produk agar mudah dikenali, harus ada ciri khusus :
a. KUALITAS PRODUK
b. KEUNGGULAN/KEISTIMEWAAN PRODUK
c. MODEL PRODUK
d. PENAMPILAN PRODUK
PRODUK BERUPA JASA
JASA :
Setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak kpd pihak lain yang sifat dan bentuknya dpt ditunjukkan dgn ciri sbb :
- TIDAK BERWUJUD (INTANGBILITY)
- TIDAK DPT DIPISAHKAN (INSEPARABILITY)
- BERUBAH-UBAH (VARIABILITY)
- DAYA TAHAN (PERISHABILITY)
JENIS PRODUK :
- SHOPPING GOODS : Barang yg memerlukan pertimbangan kualitas, harga, kemasan (tv, kulkas,jam)
- CONVINIENCE GOODS :Barang konsumsi yg sifatnya mudah dicari setiap saat di toko (gula, sabun, permen)
- SPECIALITY GOODS :barang kebutuhan konsumen, yg memerlukan pelayanan khusus dan ada ditempat ttt (mobil mewah, motor)
- UNSOUGHT GOODS :barang yang tidak dicari dan pemasarannya dengan mendatangi konsumen (ensiklopedia)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar