Selasa, 22 Februari 2011

Dini Hari, Kebumen Gempa 4,8 SR

Dini Hari, Kebumen Gempa 4,8 SR

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 skala richter (SR) terjadi di wilayah Kabupaten Kebumen, Senin (21/2) pukul  03.15 WIB.

Episentrum gempa yang terjadi pada dini hari itu berada di sekitar 82 kilometer sebelah tenggara Kebumen.

Berdasarkan informasi di situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) koordinat gempa berada di 8.42 LS dan 109.76 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Berdasarkan informasi, gempa ini dirasakan hingga Wonosari, DI Yogyakarta. Namun sebagian besar warga Kebumen tidak merasakan getaran karena pada saat kejadian masyarakat masih terlelap.

"Jangankan merasakan, saya justru tahu kalau ada gempa pada siang hari," ujar Fatimah (25) warga Desa Maduretno, Kecamatan Buluspesantren yang berjarak 2 kilometer dari laut kepada Suara Merdeka, kemarin.
Di Ende 5,0 SR Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Drs Muhyidin menjelaskan belum ada laporan adanya kerusakan sebagai dampak dari gempa bumi tersebut. Bahkan dirinya mengaku tidak merasakan terjadinya getaran gempa.

"Untuk zona selatan dengan skala 4,8 SR tidak kategori berpotensi tsunami," ujar Muhyidin seraya menyebutkan gempa berpotensi tsunami jika di atas 7 SR.

Sementara, masih dari data BMKG, sebelumnya gempa berkekuatan 5,0 SR juga terjadi di timur laut Ende, NTT pukul 00.52 WIB. Pusat gempa 158 kilometer Timur Laut Ende atau 258 Km Barat Laut Kota Kupang. Gempa di kedalaman 205 km ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (J19-80)

Sumber : Suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...