Selasa, 05 Agustus 2014

Kegiatan MOS di SMK Negeri 1 Ambal


Tahun pelajaran baru 2014/2015 telah datang. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya program Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa baru tetap menjadi agenda yang penting. OSIS SMK Negeri 1 Ambal sebagai wadah formal siswa di sekolah telah merancang kegiatan MOS sedemikian rupa dengan memperhatikan arahan dan bimbingan dari Pembina OSIS. Terlebih pada tahun ini ada sejumlah mahasiswa praktik dari UMP Purworejo yang ikut serta membantu pelaksanaan MOS di sekolah. 

Bakti sosial siswa baru SMKN 1 Ambal
Kegiatan MOS tahun dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai 16 Juli 2014 bertempat di sekolah. Berbagai materi yang disampaikan kepada siswa baru secara indoor berupa wawasan wiyata mandala, tata tertib siswa, kegiatan ekstrakurikuler, cara belajar di SMK dan materi kejuruan. Seluruh materi MOS untuk siswa baru telah tercantum dalam majalah Pijar terbitan OSIS SMK Negeri 1 Ambal.

Majalah PIJAR terbitan OSIS SMKN 1 Ambal
Kegiatan pemberian materi difokuskan pada hari pertama, sedangkan hari kedua outdoor atau kegiatan dilakukan di lapangan berupa bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada sebagian warga di lingkungan sekitar sekolah. Bantuan tersebut adalah hasil pengumpulan barang-barang yang harus dibawa oleh peserta MOS berupa beras, mie instan, gula, teh, susu, roti.  Barang-barang lain yaitu keperluan untuk mandi seperti sabun, shampo dan pasta gigi. Aneka buah juga disertakan untuk keperluan bakti sosial tersebut.

Hari terakhir sesuai dengan agenda adalah kegiatan hasta karya dilanjutkan dengan pentas seni yang dapat dijadikan ajang kreativitas siswa baru untuk menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Personil OSIS juga ikut tampil mengisi acara pentas seni, tak ketinggalan pula mahasiswa praktik juga berpartisipasi. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini, dan kegiatan berakhir dengan selesainya pentas seni secara langsung ditutup pelaksanaan MOS oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan.

Pentas seni dalam rangka MOS 2014
Selamat kepada siswa baru. Selamat bergabung dan semoga nantinya dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan sekolah tercinta ini. 

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...