Menikmati Keindahan Kampoeng Rawa di Ambarawa

Jumat, 06 September 2013 ·


Alhamdulillah .... 
Usai melakukan aktivitas di kota Semarang,  saya diberikan kesempatan melancong lagi. Walau lokasi wisata ini sering saya lewati, namun sering terlewatkan begitu saja. Saat inilah saya diberikan kesempatan untuk mengunjungi lokasi wisata yang dapat memanjakan mata menikmati keindahan alam sekitarnya.  Kampoeng Rawa itulah lokasi wisata yang saat ini sedang menjadi magnet bagi wisatawan lokal dari berbagai belahan wilayah di Jawa Tengah ini.

Wisata di Kampoeng Rawa (doc. pribadi)
Kampoeng Rawa adalah obyek wisata yang terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Tepatnya berada di Jalan Lingkar Ambarawa kurang lebih jarak tempuh dari kota Semarang adalah 34 kilometer. Akses menuju lokasi tersebut sangat mudah karena terletak  dipinggir jalan lingkar yang menghubungkan kota Semarang dengan kota  Magelang. Jika tolak ukurannya waktu maka jarak tempuh dari Semarang menuju lokasi Kampoeng Rawa ini kurang lebih satu setengah jam.

Ketika kali pertama menginjakkan kaki di Kampoeng Rawa, udara segar sangat terasa. Sejauh mata memandang terlihat hamparan sawah dengan tanaman padi yang menghijau dengan latar pegunungan yang indah. Fasilitas di lokasi wisata ini terbilang lengkap dari musholla, toilet, ruang pertemuan dan panggung hiburan yang terletak di area parkir Kampoeng Rawa. Sarana permainan seperti becak mini, bebek air dan ATV juga tersedia.

Sarana lain seperti kolam pemancingan dan kuliner menjadi ciri khas Kampoeng Rawa dengan hadirnya Rumah Makan Apung atau dikenal dengan Resto Apung Kampoeng Rawa. Untuk menuju rumah makan tersebut pengelola telah menyediakan perahu penyeberangan bagi para pengunjungnya. Berbagai menu menarik dari ikan tawar dapat anda nikmati dengan santai bersama teman atau keluarga.      
Rumah Makan Apung (www.jatengtime.com)
Satu hal yang tidak boleh anda tinggalkan jika ingin lebih lanjut untuk memanjakan mata, maka segeralah menuju dermaga untuk berwisata air. Perahu-perahu yang bersandar  dengan pemandu siap mengantar anda mengelilingi rawa yang begitu luas nan elok. Satu perahu dapat dinaiki oleh 7 (tujuh) penumpang dengan seorang pemandu. Setiap orang akan dikenakan beban sebesar Rp. 10.000,- dan jangan lupa gunakan pelampung pengaman atau live vest sebelum menikmati keindahan Kampoeng Rawa.

Ketika perahu bergerak angin terasa semakin kencang, hamparan enceng gondok menghijau ada disisi kanan kiri perahu. Di tengah rawa yang luas dapat kita temukan karamba dalam jumlah yang banyak  milik petani dan nelayan setempat. Sungguh karunia yang luar biasa dapat menikmati keindahan Kampoeng Rawa saat sore hari hingga menjelang petang. Maghrib pun tiba, musholla menjadi tujuan untuk beribadah sebelum akhirnya benar-benar meninggalkan lokasi wisata ini dengan segenap rombongan.    

Terlepas dari berbagai kekurangan yang ada, salut untuk pengelola obyek wisata ini yang ternyata dilakukan oleh beberapa kelompok tani dan nelayan setempat.  Terimakasih, semoga bermanfaat dan salam ....

2 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog