Jumat, 11 Januari 2013

SMKN 1 Ambal Raih ISO 9001:2008

KEBUMEN, suaramerdeka.com - SMK Negeri 1 Ambal Kebumen meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dari PT TUV Rheinland.
Secara resmi sertifikat diserahkan oleh perwakilan PT TUV Rheinland, Cornelius Tono Infariyanto kepada Kepala SMKN 1 Ambal Kebumen Suyono SPd MPd di Balai Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kamis (10/1).
Acara serahterima dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kebumen Dra Dyah Woro Palupi, Kabid Pendidikan Menengah Drs H Sudirman, komite sekolah, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kebumen dan sejumlah kepala SMP di Kecamatan Ambal dan sekitarnya.
Bersamaan dengan acara tersebut diserahkan penghargaan kepada sejumlah murid berprestasi.
Kepala SMKN 1 Ambal Suyono SPd MPd mengatakan, dengan diterimanya sertifikat SMM ISO 9001:2008 tersebut, sebagai sebagai bukti bahwa sekolah yang dipimpinnya telah menerapkan standar manajemen mutu.
Dia berharap dengan diterimanya sertifikat tersebut, pihaknya dapat meningkatkan mutu pendidikan.
"Sehingga visi sekolah yakni menghasilkan lulusan yang berakhlak mulai, cerdas dan terampil dapat terwujud," ujar Suyono dalam sambutannya.
Ke depan, lanjut dia, SMKN 1 Ambal siap bersaing dalam pelayanan dan prestasi baik soft skill maupun hard skill agar seluruh siswa maupun orangtua puas menuntut ilmu di sekolah itu.
"Harapan kami, seluruh lulusan cakap, memiliki kopetensi berkomunikasi, dan mampu menangkap kesempatan sehingga terserap di dunia kerja," imbuhnya.
Wakil Manemen Mutu (WMM) Drs Turmujiyanto yang didampingi Sekretaris Rasimun SPd menambahkan, SMKN 1 Ambal yang baru berusia delapan tahun telah memiliki progam studi Teknik Kendaraan Ringan, Tata Boga dan Tata Niaga serta memiliki 19 rombongan belajar.
"Persiapan mendapatkan sertifikat  ISO cukup panjang karena harus melalui berbagai tahapan. Antara lain audit oleh PT TUV Rheinland sampai direkomendasikan memenuhi persyaratan mendapatkan sertifikat," ujar  Turmujiyanto.
Kepala Dinas Dikpora Kebumen Dra Dyah Woro Palupi memberikan selamat atas capaian SMKN 1 Ambal. Dia menyebutkan bahwa SMKN 1 Ambal merupakan SMK yang ke-15 di Kebumen yang meraih sertifikat ISO.
Dia menyebutkan bahwa sertifikat ISO sebagai bukti formal pengakuan dunia internasional terhadap sistem manajemen mutu yang diterapkan sekolah.
"Peneriman sertifikat ini merupakan langkah awal  dari  jalan panjang untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, " ujar Dyah Woro Palupi.
Yang unik dari acara serahterima sertifikat ISO tersebut ialah tuan rumah menggunakan pengantar Bahasa Jawa. Bahkan saat sambutan kepala Dinas Dikpora juga memberikan sambutan menggunakan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia.

Sumber : Suara Merdeka

1 komentar:

ARIO M SANO mengatakan...

selamat dan sukses selalu smkn 1 ambal :)

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...