Selasa, 04 September 2012

Ikan Asin khas Pantai Logending

Karakteristik pantai- pantai di wilayah Kebumen umumnya disertai dengan gelombang laut selatan yang besar. Di wilayah Kebumen bagian barat selain pantainya berombak besar juga terdapat pemandangan pegunungan kapur yang sangat indah. Salah satunya adalah pantai logending, ombak yang besar mengharuskan para pengunjung untuk tetap waspada dan tetap  mematuhi aturan untuk tidak mandi di laut. 

Namun demikian, ternyata ada beberapa pengunjung yang nekad mandi dan hal itu tentu sangat membahayakan keselamatan diri sendiri. Sebagai alternatif yang terbaik untuk dapat menikmati panorama keindahan pantai logending adalah naik perahu mengeliling muara kali Bodo, sebuah sungai yang menjadi pembatas antara kabupaten Kebumen dengan kabupaten Cilacap.  

Jikalau sudah puas menikmati pantai logending, kita dapat menikmati beberapa aneka makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung di sekitar lokasi pantai. Jika hendak beranjak pulang jangan lupa pula membeli ikan asin yang masih segar di beberapa lapak yang digelar para pedagang. Ikan asin memang banyak tersedia di sini, karena jumlah nelayan di pantai ini juga sangat banyak. 

Tidak ada perbedaan antara ikan asin lain dengan ikan asin yang ada di sekitar pantai logending. Hal yang menjadi kekhasan ikan asin di sekitar pantai ini adalah kondisi ikan asin yang masih segar, artinya tergolong baru di buat tidak seperti yang sudah beredar di pasaran luas. Sudah barang tentu, karena lokasi yang lebih dekat dengan produsen ikan asin maka harganya lebih terjangkau.

Penjual ikan asin
Ikan asin sudah sangat familiar bagi masyarakat kita. Sungguh sangat disayangkan jika belum mengenalnya, karena ikan asin ini juga banyak penggemarnya. Bukan hanya kalangan ekonomi bawah dan menengah saja, kalangan ekonomi atas saja ada yang menjadi penikmat ikan asin walaupun dalam prosentase yang kecil. Jadi jangan lewatkan begitu saja wisata anda di pantai logending tanpa membawa ikan asin ini ke rumah anda masing-masing. 

Salam ...

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...