Tanggungjawab Sosial Dunia Usaha

Senin, 03 Oktober 2011 ·

Gambar dari Google
Sering kali kita mendengar istilah CSR, namun kadang masih banyak yang belum memahaminya. Kesempatan yang baik ini saya posting tentang CSR dengan harapan dapat berbagi dengan teman semunya.  Coorporate Social Responbility merupakan tanggung jawab sosial perusahaan atau dunia usaha yang lebih populer disebut dengan CSR. Dari beberapa sumber yang saya pahami bahwa CSR sebenarnya hanya sebuah konsep dari perusahaan untuk ikut bertanggungjawab terhadap lingkungan sosial yang ada di sekitar perusahaan. Hal ini tentunya mengacu bahwa terwujudnya kesejahteraan sosial bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah.

Tanggung jawab perusahaan atau dunia usaha tersebut dapat berbentuk kegiatan yang bersifat pembinaan dan pengembangan dalam berbagai bidang. Sektor usaha kecil misalnya berupa bantuan modal kerja untuk melakukan usaha dan  bantuan  alat dan mesin untuk usaha kecil. Dalam sektor pendidikan CSR dapat berupa  pemberiaan beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu, pelaksanaan pendidikan dan latihan serta  bantuan sarana prasarana untuk lembaga pendidikan. 

Dalam sektor kesehatan CSR dapat berupa pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi tentang kesehatan pencegahan beberapa penyakit dan pembangunan fisik saluran air dan masalah lainya. Contoh lain CSR adalah saat mudik jelang lebaran kemarin. Beberapa perusahaan ternama banyak yang mengadakan program "mudik gratis" untuk khalayak umum. Hehehe ..dan yang menarik adalah beberapa parpol gendhut pun seolah tak ketinggalan mengadakan acara mudik bareng dan gratis, tetapi jelas ini tidak ada hubungannya dengan CSR , yang ada hanya jurus tebar pesona. Persoalan yang terakhir tak perlu dibahas, ini bukan ranah saya. 


Seberapa pentingkah CSR itu bagi perusahaan sehingga harus mengalokasi dana yang tidak kecil untuk meng-handle beberapa kegiatan yang nyata-nyata tidak memiliki keterkaitan secara  langsung dengan proses produksi suatu perusahaan. Tidak ada keuntungan secara langsung yang diperoleh dari CSR ini. Namun konsepnya sangat jelas, bahwa semua perusahaan memiliki ketergantungan kepada masyarakat khususnya adalah konsumen. CSR adalah salah satu upaya untuk membangun citra  dan kepercayaan masyarakat agar tetap memiliki pandangan yang positif terhadap perusahaan. Oleh karenanya CSR harus dilaksanakan secara berkesinambungan atau berkelanjutan agar nilai-nilai positif tetap terjaga. 


Jangan lupa Vlog alias VIVAlog juga CSR-nya VIVAnews lho ..





2 komentar:

Poskan Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

Search This Blog

Memuat...

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog