Mengenal Fungsi Jari dalam Mengetik

Rabu, 26 Oktober 2011 ·

Rutinitas pekerjaan di suatu kantor jelas tidak terlepas dari aktivitas ketik mengetik dokumen. Mengetik adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan dan juga unsur kerapihan sehingga dokumen yang kita hasilkan dapat terbaca oleh pihak-pihak yang membutuhkan. Pekerjaan mengetik tampaknya sederhana, namun sebenarnya tidak sesederhana anggapan beberapa orang. Di dalam mengetik kita harus mengetahui tentang sistem mengetik yang baik sehingga menghasilkan ketikan yang cepat dan tepat

Sistem mengetik sepuluh jari (ten fingers system) merupakan sistem mengetik yang paling banyak dikenal, dibanding sistem yang lain misal model mengetik sistem buta (blind system) atau juga sistem berirama (rythem system). Dalam sistem sepuluh jari, semua jari-jari yang kita miliki harus mengenal fungsi kerja  masing-masing jari. Ibarat manusia, kalau kita memiliki tempat tinggal sebagai titik awal pergi dan pulang usai melakukan aktivitas, maka jari-jari ini pun memiliki rumah yang disebut Home Keys. Usai jari melakukan aktivitas mengentak tuts-tuts, maka seketika itu harus kembali ke rumah jari atau home keys.

papan tuts alias keyboard (typing-lesson.org)




home keys (typing-lesson.org)
Rumahnya jari atau home keys terletak pada huruf-huruf A, S, D, F dan J, K, L, titik dua (:) atau titik koma(;),  di mana tuts-tuts tersebut merupakan rumah dari jari yaitu :
A = jari kelingking kiri
S = jari manis kiri
D = jari tengah kiri
F = jari telunjuk kiri

Sedangkan jari tangan sebelah kanan adalah untuk :
J = jari telunjuk kanan
K= jari tengah kanan
L = jari manis kanan
titik dua (:) atau titik koma (;) = jarikelingking kanan
Sebagai catatan kedua ibu jari selalu menempel pada bilah spasi. 

Untuk tuts yang ada pada bagian atas dari home key, yaitu QWERTYUIOP dan tuts pada bagian bawah yaitu ZXCVBNM,. juga menjadi tugas dari jari-jari yang pembagian tugasnya adalah :
Q dan Z = tugas dari jari kelingking kiri. 
W dan X = tugas dari jari manis kiri
E dan C = tugas dari jari tengah kiri
R, F, V, T, G dan B = tugas dari jari telunjuk kiri 
Y, H, N, U, J dan M = tugas dari jari telunjuk kanan
I, K, dan tanda koma (,) = tugas dari jari tengah kanan
O, L dan tanda titik (.) = tugas dari jari manis kanan
P, tanda titik dua (:) dan tanda tanya (?) = tugas dari jari kelingking kanan

Pada saat kita melakukan persiapan pengetikan, yaitu dengan sikap duduk yang baik maka pastikan bahwa jari-jari kita telah berada pada home keys. Sebagai ilustrasi jika kita akan mengetik kata "KECIL" maka sebenarnya cukup dengan memfungsikan jari tengah kanan, tengah kiri, tengah kiri, tengah kanan dan jari manis kanan. Butuh waktu untuk dapat mengetik sistem sepuluh jari dengan cepat dan lancar. Harus banyak berlatih. Sesuatu yang baru dilakukan umumnya terasa sulit, namun jika sudah terbiasa maka akan menjadi hal yang luar biasa.

Semoga bermanfaat. Salam..

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog