Nikmat Umur

Jumat, 29 April 2011 ·

Allah SWT senantiasa memberikan, mencurahkan nikmat-Nya kepada kita semua dengan beberapa macam yang tak akan mungkin kita dapat menghitungnya. Nikmat yang kita terima berawal dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari pun sulit untuk di hitung. Secara jelas dalam QS. An Nisaa':18 Allah berfirman : " Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya".

Sebagian dari nikmat yang kita terima adalah nikmat berupa umur yang kita terima ini dan merupakan nikmat yang tak ternilai harganya. Umur tak dapat kita nilai dengan segala bentuk barang yang bernilai sekalipun. Jika sampai saat ini kita masih diberi kesempatan untuk menerima nikmat umur ini maka sudah kewajiban kita untuk berterima kasih kepada Yang Kuasa. Sebagai perwujudan rasa terima kasih kita, maka semestinya kita menggunakan umur kita untuk mengabdi kepada-Nya dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya. 
Sudah menjadi kehendak-Nya bahwa dengan semakin bertambahnya umur kita maka sebenarnya kita semakin dekat dengan ajal kita, dan tempat tinggal baru kita liang kubur menjadi semakin dekat pula. Oleh karenanya sudah semestinya dengan umur yang kita terima ini kehidupan kita dapat diarahkan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat positif menjauhi hal-hal yang negatif. 

Sabda Nabi Muhammad SAW : " Sebaik-baik manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan umur itu dia gunakan untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya, dan sejahat-jahat manusia adalah orang yang diberi Tuhan umur panjang tetapi umur panjang itu mereka gunakan untuk membuat kejahatan dan kerusuhan-kerusuhan saja. (HR. Ahamd)

Simak pula Sabda lain dari Nabi Muhammad SAW  yang artinya : " Barangsiapa yang sudah masuk umurnya empat puluh tahun, tetapi kebaikannya masih belum dapat mengalahkan kejahatannya, maka lemparkanlah saja ke dalam api neraka tempatnya mereka."

Sebagai penutup, simaklah pesan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan HR. Baihaqi ,  berkaitan dengan nikmat yang diberikan Allah berupa umur, sebagai berikut :
Pergunakanlah lima kesempatan sebelum datangnya lima kesempitan :
a. Pergunakanlah kesempatan sehatmu sebelum datang sakitmu.
b. Pergunakanlah kesempatan lapangmu sebelum datang kesempitanmu.
c. Pergunakanlah masa mudamu sebelum datang hari tuamu.
d. Pergunakanlah kesempatan kayamu sebelum datang miskinmu.
e. Pergunakanlah kesempatan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

Search This Blog

Memuat...

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog