Rabu, 26 Januari 2011

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, pemerintah dan masyarakat. Keluarga bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup keluarga. Pemerintah  mempunyai kewajiban secara total untuk mencerdaskan kehidupan warga dengan berbagai program dan penyediaan sarana prasarana pendukung. Tidak terkecuali peran serta masyarakat sangat membantu terciptanya kondisi yang menunjang dalam lingkungan  pendidikan.

Munculnya  kesenjangan  kualitas  output dari lembaga pendidikan tertentu dengan  kualifikasi yang diharapkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) menjadi isu sentral tentang tidak adanya kesinambungan  antara dunia pendidikan dengan dunia usaha.  Bukti nyata adalah tidak sesuainya ketrampilan yang dimiliki oleh lulusan dengan jenis ketrampilan yang dipersyaratkan untuk menangani jenis pekerjaan atau untuk memegang suatu jabatan tertentu.

Menyadari akan permasalahan  tersebut maka pemerintah  berupaya melalui berbagai kebijakan diantaranya adalah program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau On the Job Trainning (OJT), yang sekarang disebut dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin).  Prakerin adalah bagian dari pendidikan sistem ganda pada SMK. Prakerin merupakan bagian dari program bersama antara SMK dan Industri yang dilaksanakan di dunia usaha/industri. Program tersebut semata-mata untuk menjembatani sekaligus menutup kesenjangan yang terjadi antara dunia pendidikan dan dunia usaha selama ini.  

Kegiatan prakerin  diharapkan mampu meningkatkan penguasaan kompetensi produktif sekaligus memberikan peluang kepada para siswa untuk mendapatkan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki dari Industri.  

SMK Negeri 1 Ambal sebagai institusi pendidikan juga memikirkan dan berkewajiban melaksanakan kegiatan Prakerin  dengan dukungan dari berbagai pihak terutama dunia usaha dan dunia industri. Dengan harapan dapat meningkatkan  mutu  tamatan sekolah sehingga  kualitas lulusan dapat diterima di dunia usaha /dunia industri. Salah satu partner yang saat ini bekerja sama adalah Pringsewu Group.


Baca juga link di bawah ini :
Praktek Kerja Industri : Wujud Implementasi CSR Pringsewu pada Pendidikan
Kemitraan Pringsewu dengan Dunia Pendidikan

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...