CLASSROOM ACTION RESEARCH = PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya.
PRINSIP PELAKSANAAN PTK
1. tidak mengganggu kegiatan pembelajaran
2. metodologi harus reliabel
3. permasalahan harus nyata dan menarik
4. Pengumpulan data tidak menyita waktu terlalu banyak
5. Metode dan teknik yang digunakan tepat
6. Memperhatikan etika penelitian
7. Merupakan kegiatan yang berkelanjutan
KARAKTERISTIK PTK
1. Situasional ( masalah konkrit yang dihadapi guru )
2. Kontekstual ( upaya penyelesaian )
3. Bersifat Kolaboratif dan partisipatif
4. Bersifat self – evaluatif (evaluatif dan reflektif)
5. Bersifat fleksibel dan adaptif
6. Memanfaatkan data pengamatan dan perilaku empirik ( menelaah ada tidaknya kemanjuan)
7. Sifat dan sasaran penelitian adalah situasional -spesifik
TUJUAN PTK
1. memperbaiki mutu kinerja/meningkatkan proses pembelajaran secara berkesinambungan
2. mengembangkan kemampuan/ketrampilan guru menghadapi masalah yang ada
3. alat untuk melalukan inovasi pembelajaran
LANGKAH-LANGKAH PTK
1. Identifikasi dan Merumuskan Masalah
2. Analisis masalah
3. Merumuskan hipotesis tindakan
4. Penyusunan Rencana Tindakan :
- pemecahan masalah
- alat pengumpul data
- rencana perekaman data
- rencana pelaksanaan tindakan
- rencana evaluasi
- pelaksanaan penelitian
- refleksi
- analisis data
- pelaporan hasil
Penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya.
PRINSIP PELAKSANAAN PTK
1. tidak mengganggu kegiatan pembelajaran
2. metodologi harus reliabel
3. permasalahan harus nyata dan menarik
4. Pengumpulan data tidak menyita waktu terlalu banyak
5. Metode dan teknik yang digunakan tepat
6. Memperhatikan etika penelitian
7. Merupakan kegiatan yang berkelanjutan
KARAKTERISTIK PTK
1. Situasional ( masalah konkrit yang dihadapi guru )
2. Kontekstual ( upaya penyelesaian )
3. Bersifat Kolaboratif dan partisipatif
4. Bersifat self – evaluatif (evaluatif dan reflektif)
5. Bersifat fleksibel dan adaptif
6. Memanfaatkan data pengamatan dan perilaku empirik ( menelaah ada tidaknya kemanjuan)
7. Sifat dan sasaran penelitian adalah situasional -spesifik
TUJUAN PTK
1. memperbaiki mutu kinerja/meningkatkan proses pembelajaran secara berkesinambungan
2. mengembangkan kemampuan/ketrampilan guru menghadapi masalah yang ada
3. alat untuk melalukan inovasi pembelajaran
LANGKAH-LANGKAH PTK
1. Identifikasi dan Merumuskan Masalah
2. Analisis masalah
3. Merumuskan hipotesis tindakan
4. Penyusunan Rencana Tindakan :
- pemecahan masalah
- alat pengumpul data
- rencana perekaman data
- rencana pelaksanaan tindakan
- rencana evaluasi
- pelaksanaan penelitian
- refleksi
- analisis data
- pelaporan hasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar