Kamis, 29 Januari 2015

Hiking dan Outbond Pramuka SMK Negeri 1 Ambal

Salah satu program kerja Pramuka di SMK Negeri 1 Ambal adalah Hiking dan Outbond. Bertepatan dengan hari Ahad, 25 Januari 2015 kemarin alhamdulillah kegiatan hiking dan outbond yang direncanakan berjalan sebagaimana harapan. Satu dua kendala itu adalah hal biasa, namun dengan segenap daya dan upaya yang dilakukan oleh seluruh dewan kerja dengan bimbingan pembinanya semua dapat teratasi.

Persiapan pemberangkatan (doc. pribadi)
Hiking dan outbond kali ini ditetapkan di lokasi wisata Jatijajar yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah sekitar 42 kilometer dari kota Kebumen, yang berarti sekitar 62 kilometer jarak tempuh dari Ambal menuju Jatijajar. Oleh karenanya dengan jarak yang lumayan jauh diputuskan menggunakan armada sejumlah 5 truk untuk mengangkut peserta hiking dan outbond. Tiga kendaraan lain juga telah disiapkan untuk membantu kelancaran dalam perjalanan.

Suasana hujan saat pemberangkatan di halaman sekolah tidak mengurangi semangat para peserta. Semangat berlipat juga tampak dari dewan kerja beserta para pembimbingnya. Tepat pukul 07.30 semua diberangkatkan, satu persatu kendaraan meninggalkan lokasi pemberangkatan. Mengingat jalur selatan jalan agak rusak, maka perjalanan menggunakan jalan utama yaitu Ambal - Buluspesantren - Muktisari - Jalur Utama hingga di Wero Gombong mengambil jalur kiri untuk selanjutnya menuju Jatijajar. 
Kegiatan outbond di Jatijajar (doc. pribadi)
Menelusuri goa (doc. pribadi)
Seluruh peserta diturunkan di daerah Buayan untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Jatijajar dengan berjalan kaki. Truk dan mobil dalam keadaan kososng langsung menuju ke lokasi Jatijajar. Pukul 11.30 seluruh peserta dengan bimbingan dewan kerja sampai di lokasi Jatijajar. Peserta disuguhi dengan berbagai kegiatan yang bersifat permainan, kerjasama dalam kelompok dan menguji mental serta ketahanan fisik.
Narsis di goa Jatijajar (doc. pribadi)
Kegiatan outbond usai dilanjutkan makan siang dan ibadah sholat Dhuhur. Selepas rehat sebentar, kegiatan wisata di Jatijajar dimulai, peserta tampak santai menikmati wisata goa Jatijajar, demikian pula tampak dewan kerja berbaur dengan para peserta. Puas dengan wisata di Jatijajar, sekitar pukul 15.30 seluruh peserta meninggalkan lokasi untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan pulang dan tiba dihalaman sekolah sekitar pukul 17.15. Sebuah perjalanan yang melelahkan tetapi rasa senang mengalahkan rasa lelah. 

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...