Parade Seni Budaya, Ramaikan Hari Jadi Kebumen

Minggu, 30 Desember 2012 ·

Dalam rangka menyambut hari jadi kota Kebumen yang ke-77, Pemerintah daerah Kebumen sebagaimana tahun-tahun sebelumnya sudah mempersiapkan berbagai kegiatan yang sangat beragam. Apalagi hari jadi kota Kebumen yang jatuh tanggal 1 Januari ini bertepatan dengan perayaan tahun baru 2013. Tak heran kemeriahan dan keramaian kegiatan telah nampak sejak beberapa minggu ini.

Kemeriahan perayaan dalam rangka menyambut hari jadi tersebut diawali adanya kegiatan Pameran Pembangunan atau Kebumen Expo bertempat di Gedung Pertemuan Setda Kabupaten Kebumen. Dalam Kebumen Expo ini ditampilkan aneka produksi lokal unggulan seperti batik kebumen, anyaman pandan, kerajinan bambu, serta kerajinan batu akik. Tidak ketinggalan beberapa olahan makanan unik juga ditampilkan. Pada prinsipnya bahwa Kebumen Expo merupakan ajang promosi potensi unggulan daerah untuk membuka akses pasar yang lebih luas dan memiliki daya saing tinggi. Turut meramaikan pula dalam acara tersebut beberapa band lokal dan penggiat seni di panggung yang telah tersedia.

Beberapa kegiatan lain yang telah teragenda adalah ziarah makam leluhur, festival dalang, lomba senam antar sekolah dan panggung hiburan rakyat. Kegiatan yang paling menarik perhatian warga Kebumen adalah Parade Seni Budaya Kebumen. Dalam kegiatan ini berbagai unsur masyarakat ikut berpartisipasi baik dari unsur pemerintahan, organisasi pendidikan, organisasi masyarakat dan berbagai organisasi sosial.
Parade Seni Budaya Kebumen (doc. pribadi)
Parade Seni Budaya Kebumen yang dilaksanakan hari Minggu, 30 Desember 2012, dimulai pukul 08.00 dengan mengambil start/finish di alun-alun Kebumen. Ribuan orang berdesak-desakan di sepanjang jalan yang menjadi rute Parade Seni Budaya tersebut. Terlebih saat itu cuaca sangat cerah, sehingga masyarakat tumpah ruah di sepanjang rute mulai dari Jalan Pahlawan, Jalan Kusuma dan Jalan HM. Sarbini. 
Parade Seni Budaya Kebumen (doc.pirbadi)
Kegiatan tersebut berlangsung tertib, namun demikian ada beberapa hal yang membuat sebagian masyarakat agak kecewa dalam Parade Seni Budaya tahun ini. Hal ini karena tidak adanya penutupan jalur atau rute untuk beberapa trayek angkutan umum dan mobil pribadi, sehingga tontonan yang menarik tersebut terkadang terganggu oleh lalu lalang kendaraan. Menjelang siang sekitar pukul 12.00 seiring dengan turunnya gerimis Parade Seni Budaya berakhir.
Parade Seni Budaya Kebumen (doc.pribadi)
Sesuai dengan agenda yang ada, acara yang paling banyak ditunggu  oleh masyarakat adalah pesta kembang api di alun-alun Kebumen. Sebelum pesta kembang api dilakukan, pagelaran kesenian berupa ketoprak akan digelar untuk menyambut bergantinya tahun baru 2013. Sedangkan kegiatan terakhir masih dalam rangkaian peringatan hari jadi Kebumen ke-77 adalah upacara bendera di alun-alun Kebumen.

Adapun tema Peringatan Hari jadi ke- 77 Kabupaten Kebumen adalah :
"DENGAN HARI JADI KE-77, KITA TINGKATKAN REVITALISASI EKONOMI DAN DAYA SAING DAERAH DALAM RANGKA PERCEPATAN UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN KEBUMEN"

Sebagai penutup tulisan ini saya ambilkan kegiatan secara rinci yang saya ambil dari website-nya Pemda Kebumen yaitu http://kebumenkab.go.id.

a. Tanggal 24 Desember 2012 - 1 Januari 2013, Pameran Pembangunan/ Kebumen Expo disertai dengan acara festival hiburan / band bertempat di Gedung Pertemuan Setda Kabupaten Kebumen dan Jalan Veteran Kebumen.

b. Bakti Sosial dilaksanakan pada bulan Desember 2012 dengan kegiatan khitanan massal, pasar murah dan santunan kepada anak asuh (mendukung GNOTA).

c Kamis, 27 Desember 2012.

1. Ziarah ke makam leluhur yaitu :
a)   Makam Kolopaking di Desa Kalijirek Kecamatan Kebumen
b)   Makam Aroengbinang dan Makam Bumidirjo di Kecamatan Kutowinangun

2. Ziarah ke makam lelulur lainnya diserahkan kepada masing-masing Camat di wilayah, yaitu :
a)   Makam R. Sukadis di Desa Pekuncen Kecamatan Sempor
b)   Makam Ki Ageng Bodronolo di Desa Karangkembang Kecamatan Alian
c)    Makam Purbonegaran di Desa Benerwetan Kecamatan Ambal

d. Festival Dalang
Waktu   : Tanggal 26-27 Desember 2012 pukul 09.00 - 22.00 WIB
Tempat : Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen

e. Lomba Senam Antar Sekolah
Waktu   : Tanggal 26, 27, 28 Desember 2012
Tempat : Alun-alun Kebumen

f. Jalan Sehat Bareng Bupati Kebumen diikuti oleh SKPD dan segenap lapisan masyarakat
Waktu   : Jum'at, 28 Desember 2012
Tempat : Start dan finish di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen

g. Semaan Al Qur'an, Khataman dengan mengundang unsur pejabat se-Kabupaten Kebumen dan dilanjutkan dengan acara tasyakuran.
Waktu  : Jum'at, 28 Desember 2012
Tempat : Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen

h. Panggung Hiburan Rakyat
Waktu  :
Sabtu, 29 Desember 2012 pukul 10.00 - 22.00 WIB
Minggu, 30 Desember 2012 pukul 07.00 - 22.00 WIB
Tempat :
Pojok Timur Alun-alun Kebumen dan Depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen

i. Parade Seni Budaya, Start dan Finish di Alun-alun Kebumen:
Waktu   : Minggu, 30 Desember 2012 Pukul 08.00 WIB
Rute      : Alun-alun, Jl. Pahlawan, Jl. Sarbini, PLN Lama, Alun-alun

j. Pentas Ketoprak
Waktu  : Senin, 31 Desember 2012, pukul 21.00 WIB
Tempat : Alun-alun Kebumen

k. Penyalaan Kembang Api
Waktu  : Senin, 31 Desember 2012 Pukul 24.00 WIB
Tempat : Alun-alun Kebumen

l. Tanggal  1 Januari 2013
  1. Tingkat Kabupaten Kebumen dilaksanakan Upacara Bendera di Alun-alun Kebumen pada pukul 08.00 WIB dengan peserta karyawan/karyawati, Anggota TNI/POLRI, Kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kebumen dan organisasi kemasyarakatan serta dihadiri oleh Forkompinda, Kepala Badan/Dinas/Kantor/Instansi dan Bagian dilingkungan Setda Kabupaten Kebumen.
  2. Ziarah ke Makam Pahlawan pada pukul 09.00 WIB
  3. Tingkat Kecamatan agar menyelenggarakan UPacara Bendera Merah Putih dengan peserta karyawan/karyawati pada Kantor dan Instansi di Kecamatan masing-masing, Kepala Desa/Kelurahan dan Perangkat Desa/Kelurahan di wilayah kecamatan masing-masing serta melibatkan warga masyarakat kecuali Kecamatan Kebumen bergabung dengan Upacara Tingkat Kabupaten Kebumen
  4. Camat agar memerintahkan kepada seluruh warga masyarakat di wilayah masing-masing untuk mengibarkan bendera satu tiang penuh mulai pukul 06.00 s.d 18.00 WIB

1 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog