Rabu, 18 April 2012

Stadion Kebumen Beralih Fungsi menjadi Pasar

Stadion Candradimuka adalah satu-satunya stadion yang ada di Kebumen dan berdiri sejak tahun 1992. Berbagai kegiatan olahraga banyak dipusatkan disini, semisal olahraga cabang atletik dan sepakbola tentunya. Banyak sarana dan prasarana yang ada, namun demikian beberapa diantaranya ada yang sudah tidak dapat difungsikan. Kondisi lapangan yang gundul, juga menambah keprihatinan kita tentang kondisi stadion yang menjadi kebanggaan warga Kebumen. 
Kawasan Stadion Candradimuka Kebumen
Di awal bulan April hingga pertengahan ini, suasana keramaian yang tak lazim terjadi dari pagi hingga menjelang petang di sekitar Stadion Candradimuka Kebumen. Namun apa yang terjadi, ternyata keramaian yang ada di stadion tersebut bukan karena adanya even atau kegiatan olahraga, namun stadion ini akan difungsikan sementara secara khusus untuk ribuan pedagang yang akan berjualan di lokasi tersebut. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana nasib stadion ? Stadion Candradimuka saat ini bukan lagi sebagai sarana untuk olahraga, tetapi kini menjadi sarana untuk jual beli. Dunia olahraga Kebumen sudah sepantasnya turut berduka. 

Memasuki jalan Arumbinang, mendekati stadion ratusan bangunan kios-kios baru bermunculan di pinggir kiri kanan jalan. Pedagang juga membangun kios yang mengelilingi stadion bagian luar, dan sebagian besar lapak-lapak dibangun di area lapangan sepak bola, termasuk area lintasan lari. Hampir seluruh bidang yang ada di stadion ini dimanfaatkan untuk penyediaan lapak-lapak bagi pedagang.
Pintu masuk stadion sebelah utara
Beralihfungsinya stadion menjadi lokasi pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen untuk sementara waktu ini, sudah barang tentu ada beberapa alasan yang mendasar. Pemerintah daerah Kebumen memang sedang mempersiapkan program revitalisasi pasar Tumenggungan dengan konsep pasar yang modern. Anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan konsep tersebut berkisar 48 miliar. Banyak  kesulitan yang muncul terkait dengan relokasi para pedagang tersebut, sehingga alternatifnya adalah dengan "mengorbankan" dunia olahraga Kebumen sementara waktu.
Area lapangan sepakbola rusak, penuh lapak
Sampai saat ini, kios-kios dan ruko di Pasar Tumenggungan Kebumen, sudah banyak dikosongkan. Namun demikian, masih ada beberapa pedagang yang tetap berjualan di kawasan pasar Tumenggungan ini. Hal ini karena masih ada proses penyiapan dan pembuatan lapak atau beberapa kios yang belum siap untuk ditempati. Jarak antara pasar Tumenggungan dengan stadion sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya berkisar 1 kilometer saja, namun untuk mengatur ribuan pedagang bukanlah pekerjaan kecil yang dapat diabaikan begitu saja.
Ruko di pasar Tumenggungan  dikosongkan
Semoga cepat terealisasi pasar harapan warga Kebumen dan optimalkan lagi stadion warga Kebumen. Terimakasih ..

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Musti beli tiket dulu gak ya pak??
He. . .

Unknown mengatakan...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Rasimun Way mengatakan...

@anonim : lebih mahal kalee tiketnya broo ..wkwkwk

Rasimun Way mengatakan...

@Agunx : terimakasih sdh berkunjung, blog sampean keren ..Salam dari Kebumen

unikgaul mengatakan...

sayang banget ya pake di jadiin pasar segala.ckck

Unknown mengatakan...

Wahh.. enyong wis suwe ora dolan menganah, tapi tesih sering nggo bal balan kan?

Anonim mengatakan...

lah bingng aku pak

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...