Stadion Kebumen Beralih Fungsi menjadi Pasar

Rabu, 18 April 2012 ·

Stadion Candradimuka adalah satu-satunya stadion yang ada di Kebumen dan berdiri sejak tahun 1992. Berbagai kegiatan olahraga banyak dipusatkan disini, semisal olahraga cabang atletik dan sepakbola tentunya. Banyak sarana dan prasarana yang ada, namun demikian beberapa diantaranya ada yang sudah tidak dapat difungsikan. Kondisi lapangan yang gundul, juga menambah keprihatinan kita tentang kondisi stadion yang menjadi kebanggaan warga Kebumen. 
Kawasan Stadion Candradimuka Kebumen
Di awal bulan April hingga pertengahan ini, suasana keramaian yang tak lazim terjadi dari pagi hingga menjelang petang di sekitar Stadion Candradimuka Kebumen. Namun apa yang terjadi, ternyata keramaian yang ada di stadion tersebut bukan karena adanya even atau kegiatan olahraga, namun stadion ini akan difungsikan sementara secara khusus untuk ribuan pedagang yang akan berjualan di lokasi tersebut. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana nasib stadion ? Stadion Candradimuka saat ini bukan lagi sebagai sarana untuk olahraga, tetapi kini menjadi sarana untuk jual beli. Dunia olahraga Kebumen sudah sepantasnya turut berduka. 

Memasuki jalan Arumbinang, mendekati stadion ratusan bangunan kios-kios baru bermunculan di pinggir kiri kanan jalan. Pedagang juga membangun kios yang mengelilingi stadion bagian luar, dan sebagian besar lapak-lapak dibangun di area lapangan sepak bola, termasuk area lintasan lari. Hampir seluruh bidang yang ada di stadion ini dimanfaatkan untuk penyediaan lapak-lapak bagi pedagang.
Pintu masuk stadion sebelah utara
Beralihfungsinya stadion menjadi lokasi pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen untuk sementara waktu ini, sudah barang tentu ada beberapa alasan yang mendasar. Pemerintah daerah Kebumen memang sedang mempersiapkan program revitalisasi pasar Tumenggungan dengan konsep pasar yang modern. Anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan konsep tersebut berkisar 48 miliar. Banyak  kesulitan yang muncul terkait dengan relokasi para pedagang tersebut, sehingga alternatifnya adalah dengan "mengorbankan" dunia olahraga Kebumen sementara waktu.
Area lapangan sepakbola rusak, penuh lapak
Sampai saat ini, kios-kios dan ruko di Pasar Tumenggungan Kebumen, sudah banyak dikosongkan. Namun demikian, masih ada beberapa pedagang yang tetap berjualan di kawasan pasar Tumenggungan ini. Hal ini karena masih ada proses penyiapan dan pembuatan lapak atau beberapa kios yang belum siap untuk ditempati. Jarak antara pasar Tumenggungan dengan stadion sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya berkisar 1 kilometer saja, namun untuk mengatur ribuan pedagang bukanlah pekerjaan kecil yang dapat diabaikan begitu saja.
Ruko di pasar Tumenggungan  dikosongkan
Semoga cepat terealisasi pasar harapan warga Kebumen dan optimalkan lagi stadion warga Kebumen. Terimakasih ..

7 komentar:

Posting Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog