Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian di SMK

Selasa, 13 Maret 2012 ·

Salah satu tahapan dalam rangkaian kegiatan Ujian Nasional khususnya bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Sejauh ini mayoritas pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian untuk Praktik Kejuruan sudah banyak sekolah yang menyelenggarakan karena batasan pelaksanaan terakhir kegiatan ini adalah tanggal 16 Maret 2012. Hal ini sesuai dengan Pedoman UKK SMK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah kegiatan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan Ujian Nasional (UN) 2012. Dalam pelaksanaan penilaian Uji Kompetensi Keahlian ini penilaian dilaksanakan dengan menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi, hal ini karena mengacu kepada kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan yang dikembangkan dan dilaksanakan dengan pendekatan berbasis kompetensi. Penilain dalam kegiatan uji kompetensi keahlian tersebut dilakukan terhadap peserta didik dengan dua bentuk yaitu Praktik Kejuruan dan Teori Kejuruan.
Peserta UKK  Tata Boga dengan produknya
Sebagai gambaran tentang pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian di sekolah saya, kegiatan Uji Kompetensi Keahlian Tata Boga telah dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai dengan 25 Pebruari 2012. Pada tahun pelajaran 2011/2012 ini Program Studi Keahlian Tata Boga memilih Paket 1 atau Makanan Nusantara, dengan beberapa kompetensi yang harus dikuasai peserta ujian. Kompetensi tersebut meliputi pembuatan produk berupa makanan pembuka (salad Indonesia), sop, makanan pokok dengan lauk hewani (daging, ikan) lauk nabati serta berbagai macam sayuran. Untuk Dessert atau penutupnya, peserta ujian harus mampu membuat produk berbagai minuman dan puding. 
Peserta UKK Tata Niaga, jualan bakso
Untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Tata Niaga dilakukan tanggal 6 sampai 7 Maret 2012, dengan beberapa kompetensi yang harus dikuasi oleh peserta ujian dari menyiapkan proposal usaha, menata produk, direct selling, laporan kegiatan penjualan, mengoperasikan cash register dan price labeling. Pelaksanaan kegiatan ini dipusatkan di Pendopo Balai Desa yang ada dilingkunga SMK Negeri 1 Ambal  dan di laboratorium Tata Niaga.

Penguji dalam kegiatan tersebut meliputi penguji internal dan eksternal. Sesuai dengan pedoman uji kompetensi maka penguji harus mendapat rekomendasi dari penyelenggara tingkat satuan pendidikan dan ditetapkan oleh penyelenggara tingkat kabupaten. Penguji internal yaitu guru yang ditunjuk, sedangkan penguji eksternal berasal dari  dunia usaha/industri/ asosiasi profesi/institusi mitra yang  memiliki  latar  belakang  pendidikan  dan/atau  pengalaman  kerja  yang  relevan dengan Kompetensi Keahlian yang akan diujikan. Dalam hal ini sekolah kami mendatangkan Ibu Diah Astiningsih dari Pringsewu Group, untuk menguji peserta Uji Kompetensi Keahlian Tata Boga dan Ibu Desi Catur Aryani dari Pusaka Indah Swalayan sebagai penguji Uji Kompetensi Keahlian Tata Niaga.

Usai kegiatan Praktik Kejuruan berlalu, saatnya kini mempersiapkan Ujian Nasional Teori Produktif yang rencana akan dilaksanakan tanggal 19 Maret 2012. Sudah barang tentu persiapan untuk Ujian Nasional 2012 yang terjadwal mulai tanggal 16 sampai 19 April tidak bisa abaikan. Semoga sukses bersama kita semuanya. Salam ..

2 komentar:

Poskan Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

Search This Blog

Memuat...

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog