Senin, 27 Juni 2011

Ilmu Menjual dan Objeknya


Ilmu menjual adalah ilmu yang digunakan dalam hidup sebagai seni untuk menundukkan lawan supaya mencapai hasil dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Batasan tentang ilmu menjual diantaranya adalah sebagai berikut :




Menurut J.S.Konox
Ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski sebelumnya tak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu tetapi akhirnya tertarik untuk membelinya.
Menurut K.B. Haasdan E.C.Perry
Ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik, sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterima.

OBJEK ILMU MENJUAL
Obyek ilmu menjual adalah sebagai berikut :
Penjual
Seorang penjual harus memahami dirinya sebagai penjual, maka unsur keadaan fisik, pendengaran, penglihatan dan juga cara berbicara menjadi hal yang harus betul-betul diperhatikan. Karena hal tersebut akan menjadi faktor tercapainya kepuasan pembeli. Sifat kepribadian dari penjual yang penuh inisiatif, penuh perhatian, tidak mudah putus asa, memiliki daya ingat yang tajam, mudah bergaul, selalu gembira, lurus hati, disiplin, sopan santun dan bijaksana adalah hal yang harus dikedepankan dalam menghadapi para pembeli.

Barang Yang Dijual
Keharusan dari penjual adalah mengetahui secara detail tentang barang yang akan dijual. Jenis, merk, spesifikasi barang dan kegunaan barang perlu dikuasi oleh penjual sebelum berhadapan dengan pembeli. 

Referensi :
Memahami Kewirausahaan (Ating Tedjasutisna)

1 komentar:

dimdroid mengatakan...

terima kasih infonya, salam kenal dari saya :)
kunjungan balik ya gan..
terimakasih :)

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...