Sabtu, 25 Juni 2011

5C Dalam Kredit

Faktor terpenting dalam pemberian kredit adalah kepercayaan. Kepercayaan bank terhadap calon nasabah berupa  : 

Kejujuran atau itikad baik (Character) 
Faktor karakter ini menjadi hal yang sangat  penting, karena hal ini menyangkut aspek kepribadian, sifat atau watak serta kejujuran dari wirausahawan sebagai pemohon kredit. Pihak bank harus tahu betul tentang karakter dari si pemohon kredit, karenanya perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam menentukan dikabulkannya atau tidaknya permohonan kredit. Salah satu cara umumnya  menggunakan referensi atau keterangan dari beberapa pihak yang telah bersinggungan langsung dengan si pemohon.


Permodalan ( Capital )
Pihak bank dengan pengajuan kredit  dari si pemohon juga harus memperhatikan faktor permodalan. Bagaimana rasio antara jumlah hutang dan jumlah modal usaha si pemohon. Biasanya laporan rugi laba usaha ikut disertakan dalam proposal usaha, yang berfungsi bagi bank untuk dipelajari dan menjadi pertimbangan dalam menentukan disetujui atau tidaknya permohonan kredit.

Jaminan (Collateral)
Faktor jaminan ini berkaitan dengan besarnya harta/aktiva yang akan dijadikan sebagai jaminan dalam permohonan pengajuan kredit. Seberapa besar nilai jaminan akan berpengaruh terhadap nilai pengajuan kredit yang diajukan.


Kapasitas (Capacity)
Faktor ini menyangkut seberapa besar kemampuan wirausaha untuk dapat mengembalikan jumlah atau nilai kredit yang akan diterimanya dan sekaligus dengan beberapa jasa/bunga  atas nilai kredit yang diterima si pemohon.

Kondisi (Condition)
Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi atau keuangan yang berpengaruh secara langsung terhadap perbankan akan menjadi dasar bagi bank dalam pemberian kredit. Sebagai iliustrasi manakala kebijakan pemerintah lebih mengarah kepada pemberdayaan dan peningkatan usaha kecil maka pengajuan kredit dari wirausaha yang skalanya kecil akan menjadi prioritas.

    1 komentar:

    Dewi mengatakan...

    Perhitungan Simulasi Kredit Motor
    Bekas Jika Anda melakukan perhitungan simulasi kredit motor bekas, Anda akan diminta mengisi beberapa keterangan, seperti harga motor, jumlah uang muka dan tenor kredit. Sebaiknya sebelum Anda mengisi kalkulator tersebut, Anda sudah memahami definisi atau pengertian istilah-istilah tersebut

    Panorama Pantai Menganti

    Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...