5C Dalam Kredit

Sabtu, 25 Juni 2011 ·

Faktor terpenting dalam pemberian kredit adalah kepercayaan. Kepercayaan bank terhadap calon nasabah berupa  : 

Kejujuran atau itikad baik (Character) 
Faktor karakter ini menjadi hal yang sangat  penting, karena hal ini menyangkut aspek kepribadian, sifat atau watak serta kejujuran dari wirausahawan sebagai pemohon kredit. Pihak bank harus tahu betul tentang karakter dari si pemohon kredit, karenanya perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam menentukan dikabulkannya atau tidaknya permohonan kredit. Salah satu cara umumnya  menggunakan referensi atau keterangan dari beberapa pihak yang telah bersinggungan langsung dengan si pemohon.


Permodalan ( Capital )
Pihak bank dengan pengajuan kredit  dari si pemohon juga harus memperhatikan faktor permodalan. Bagaimana rasio antara jumlah hutang dan jumlah modal usaha si pemohon. Biasanya laporan rugi laba usaha ikut disertakan dalam proposal usaha, yang berfungsi bagi bank untuk dipelajari dan menjadi pertimbangan dalam menentukan disetujui atau tidaknya permohonan kredit.

Jaminan (Collateral)
Faktor jaminan ini berkaitan dengan besarnya harta/aktiva yang akan dijadikan sebagai jaminan dalam permohonan pengajuan kredit. Seberapa besar nilai jaminan akan berpengaruh terhadap nilai pengajuan kredit yang diajukan.


Kapasitas (Capacity)
Faktor ini menyangkut seberapa besar kemampuan wirausaha untuk dapat mengembalikan jumlah atau nilai kredit yang akan diterimanya dan sekaligus dengan beberapa jasa/bunga  atas nilai kredit yang diterima si pemohon.

Kondisi (Condition)
Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi atau keuangan yang berpengaruh secara langsung terhadap perbankan akan menjadi dasar bagi bank dalam pemberian kredit. Sebagai iliustrasi manakala kebijakan pemerintah lebih mengarah kepada pemberdayaan dan peningkatan usaha kecil maka pengajuan kredit dari wirausaha yang skalanya kecil akan menjadi prioritas.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

    About Me

    Foto Saya
    Rasimun Way
    Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
    Lihat profil lengkapku

    Daftar Isi

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Followers

     
    Top

    Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
    Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog