Menentukan mengalirnya barang dan jasa ke tangan konsumen secara cepat dan tepat
1. PELAYANAN PRIMA (EXCELLENT SERVICE)
ARTI : pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.
Pelayanan Prima dikembangkan berdasarkan konsep A3:
* ATTITUDE (SIKAP)
* ATTENTION (PERHATIAN)
* ACTION (TINDAKAN)
KONSEP ATTITUDE :
Calon pembeli selalu mengharapkan sikap dan perilaku yg baik dan menyenangkan.
* ATTITUDE (SIKAP)
* ATTENTION (PERHATIAN)
* ACTION (TINDAKAN)
KONSEP ATTITUDE :
Calon pembeli selalu mengharapkan sikap dan perilaku yg baik dan menyenangkan.
Pelayanan Prima berdasarkan sikap (attitude), terdiri dari beberapa bentuk :
- Pelyanan pelanggan dgn penampilan serasi
- Pelayanan dgn berpikiran positif
- Pelayanan dgn sikap menghargai
KONSEP ATTENTION
Jika pembeli sudah menunjukan minat akan suatu barang atau jasa maka harus dilakukan konsep attention.
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention:
a. Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
- Mengamati perilaku pelanggan (body language, body movement, motif pembelian )
- Mecurahkan perhatian penuh
KONSEP ACTION
Bentuk pelayanan berdasarkan konsep action:
- Pencatatan pesanan pelanggan
- Pencatatan kebutuan pelanggan
- Penegasn kembali kebutuhan pelanggan
- Mewujudkan kebutuhan pelanggan
- Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali lagi
UNTUK PERENUNGAN :
- The customer is usually right
- The customer is king
- Sukses tak pernah datang secara tak terduga. Kita yang harus mempersiapkan diri - dan mencarinya
- Setiap kali menghadapi kesulitan, coba tanya pada diri sendiri, peluang apa yang tersembunyi dibaliknya
2. PROMOSI
ARTI : kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kpd masy dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
TUJUAN :
- Merubah tingkah laku dan pendapat masyarakat
- Mendorong konsumen utk menggunakan produk
- Menarik konsumen
- Mempertahankan merk produk perusahaan
SASARAN PROMOSI :
- Seluruh masyarakat konsumen agar mau membeli
- Pelanggan produk perus tersebut
- Masy yg mempunyai daya beli
- Para distributor
- Pemerintah yg memerlukan produk
KEUNTUNGAN PROMOSI :
- Meningkatkan omzet penjualan
- Mengingatkan pembeli tentang brg yg akan dibeli
- Membentuk produk motif
- Produk lebih terkenal
- Meningkatkan produksi perush
- Meningkatkan laba perusahaan
3. MERENCANAKN BENTUK PROMOSI
Bentuk promosi yang paling efektif adalah BAURAN PROMOSI (promotion mix), membaurkan empat alat penting dalam promosi yaitu :
- ADVERTENSI (PERIKLANAN)
- Advertensi dapat dibedakan (berdasar macam media yang digunakan) :
- Advertensi cetak
- Advertensi elektronik
- Transit advertising (bulletin, poster, stiker)
- Kiriman langsung
- Advertensi khusus
- Advertensi di luar rumah (papan reklame)
PERTIMBANGAN MEMILIH JENIS MEDIA :
1. BIAYA (tarif pemasangan berbeda-beda)
2. PRODUK
3. PESAN
4. SIFAT MEDIA YANG DITUJU
PERSYARATAN PENYAJIAN ADVERTENSI :
1. Harus dpt menimbulkan perhatian kons
2. Harus dapat menarik perhatian kons
3. Harus dpt menimbulkan keinginan membeli
- PERSONAL SELLING
Arti : penyajian barang secara lisan dan bertatap muka dgn calon pembeli
CIRI-CIRI PERSONAL SELLING :
a. HUBUNGAN AKRAB, dilakukan utk memperoleh rasa simpati dari pembeli
b. HUBUNGAN LANGSUNG, mengadakan penyesuaian secara langsung
c. ADA TANGGAPAN, pembeli diharapkan mengdengarkan pembicaraan penjual, memberi reaksi dan tanggapan
- SALES PROMOTION
Disebut juga promosi penjualan, yang digunakan untuk merangsang pembelian barang perusahaan
Alat-alat dalam sales promotion:
1. sampel/contoh
2. Kupon/voucher
3. Premi
4. Paket harga
5. Tawarn uang kembali (money return offer)
6. Promosi dagang (trade promotion)
7. Pajangan di tempat penjualan
8. Pameran dagang
9. Kontes
10. undian
- PUBLICITY
ARTI : upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya disemua media yang dapat dibaca, dilihat didengar oleh konsumen untuk mencapai tjuan penjualan
Alat yang dpt diperlukan untuk melaksanakan publicity, adalah :
1. Jumpa pers (press relation)
2. Publisitas produk
3. Komunikasi perusahaan
4. Pendekatan (lobbying)
5. Bimbingan (conselling)
BAHAN PERENUNGAN :
“ Saya tidak bisa memastikan apakah perubahan akan memperbaiki sesuatu, tetapi saya bisa memastikan bahwa untuk menjadi lebih baik, sesuatu mesti harus berubah “
( George Christian Licthenberg )
4. TEKNIK MENJUAL
Teori menjual dikenal dengan TEORI AIDAS
Tahapan AIDAS :
- ATTENTION (perhatian)
- INTEREST (minat)
- DESIRE (keinginan)
- ACTION (tindakan)
- SATISFACTION (kepuasan)
SIFAT-SIFAT PENJUAL :
- Mampu berkomunikasi
- Penuh inisiatif
- Berpikir kreatif
- Penuh perhatian
- Tidak mudah putus asa
- Menarik, mudah bergaul dan selalu gembira
- Sopan santun, lurus hati dan disiplin
- Ketajaman daya ingat
- bijaksana
5. KEPUASAN PELANGGAN
FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN, ada 5 (lima), yaitu :
- Kualitas produk
- Harga
- Kualitas pelayanan
- Faktor emosional
- Faktor kemudahan
6. NEGOSIASI
Arti : proses tawar menawar dengan cara perundingan untuk memberi atau menerima guna mencapai kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal yang menjadi kepentingan bersama
NEGOSIASI dapat terjadi karena beberapa sebab :
- Ada pihak yang berkepentingan
- Ada masalah yang harus diperundingkan
- Ada keinginan mencapai kesepakatan
- Ada upaya menghindarkan persengketaan
- Ada upaya menjaga kehormatan masing-masing
STRATEGI BERNEGOSIASI
Dapat dilakukan dengan cara :
- WIN-WIN STRATEGY/win win solution, (orientasinya kemenangan kedua belah pihak, tidak ada yg kalah)
- WIN-LOSE STRATEGY , (perundingan untuk memperoleh kemenagan mutlak dengan mengalahkan orang lain).
- LOSE-LOSE STRATEGY, (didasari perasaan untuk melampiaskan kemarahan/tidak pakai akal sehat. Pihak tertentu melakukan tindakan yang dpt merugikan kedua belah pihak, sehinngga keduanya kalah.
Negosiasi dlm jual beli, meliputi :
- Harga barang
- Jumlah barang
- Waktu dan lama pengiriman
- Cara pengiriman dan alat transportasi
- Cara dan waktu pembayran
- Cara pengajuan klaim
- Asuransi dan ongkos pengiriman
- Surat perjanjian
- Jangka waktu berlakunya perjanjian
7. SALURAN DISTRIBUSI
Distribusi : kegiatan menyebarkan barang/jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Distribusi dapat dilakukan dengan cara :
* LANGSUNG
( PRODUSEN langsung ke KONSUMEN)
* SEMI LANGSUNG
(Podusen menyalurkan ke konsumen melalui saluran milik produsen sendiri)
* TIDAK LANGSUNG
(Produsen menyampaikan kepada konsumen tidak langsung, karena harus melalui lembaga-lembaga penyalur)
ALASAN PERLUNYA DISTRIBUSI :
- Jarak konsumen dengan produsen
- Penghematan waktu dan biaya
- Pemenuhan kebutuhan konsumen
- Produsen dapat konsentrasi berproduksi
MAACAM-MACAM SALURAN DISTRIBUSI
DISTRIBUSI INSTENSIF, ( mengusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen)
DISTRIBUSI SELEKTIF, (distribusi secara terbatas, karena utk menekan biaya penjualan.
DISTRIBUSI EKSKLUSIF, (distribusi hanya pd lembaga penyalur yg menjadi sales representative produsen).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar