Kamis, 24 Maret 2011

PEMASARAN


ARTI PENTING PEMASARAN :
Menentukan mengalirnya barang dan jasa ke tangan konsumen secara cepat dan tepat

1. PELAYANAN PRIMA (EXCELLENT SERVICE)
ARTI : pelayanan  sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.

Pelayanan Prima dikembangkan berdasarkan konsep A3:
* ATTITUDE (SIKAP)
* ATTENTION (PERHATIAN)
* ACTION (TINDAKAN)

KONSEP ATTITUDE :
Calon pembeli selalu mengharapkan sikap dan perilaku yg baik dan menyenangkan.
Pelayanan Prima berdasarkan sikap (attitude), terdiri dari beberapa bentuk :
  1. Pelyanan pelanggan dgn penampilan serasi
  2. Pelayanan dgn berpikiran positif
  3. Pelayanan dgn sikap menghargai

KONSEP ATTENTION
Jika pembeli sudah menunjukan minat akan suatu barang atau jasa maka harus dilakukan konsep attention.
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention:
a.   Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
  1. Mengamati perilaku pelanggan  (body language, body movement, motif pembelian )
  2. Mecurahkan perhatian penuh

KONSEP ACTION
Bentuk pelayanan berdasarkan konsep action:
  1. Pencatatan pesanan pelanggan
  2. Pencatatan kebutuan pelanggan
  3. Penegasn kembali kebutuhan pelanggan
  4. Mewujudkan kebutuhan pelanggan
  5. Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali lagi

UNTUK PERENUNGAN :
- The customer is usually right
- The customer is king
- Sukses tak pernah datang secara tak terduga. Kita yang harus mempersiapkan diri  -  dan mencarinya
- Setiap kali menghadapi kesulitan, coba tanya pada diri sendiri, peluang apa yang tersembunyi dibaliknya

2.  PROMOSI
ARTI : kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kpd masy dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
TUJUAN :
  1. Merubah tingkah laku dan pendapat masyarakat
  2. Mendorong konsumen utk menggunakan produk
  3. Menarik konsumen
  4. Mempertahankan merk produk perusahaan

SASARAN PROMOSI :
  1. Seluruh masyarakat konsumen agar mau membeli
  2. Pelanggan produk perus tersebut
  3. Masy yg mempunyai daya beli
  4. Para distributor
  5. Pemerintah yg memerlukan produk
KEUNTUNGAN PROMOSI :
  1. Meningkatkan omzet penjualan
  2. Mengingatkan pembeli tentang brg yg akan dibeli
  3. Membentuk produk motif
  4. Produk lebih terkenal
  5. Meningkatkan produksi perush
  6. Meningkatkan laba perusahaan

3. MERENCANAKN BENTUK PROMOSI

Bentuk promosi yang paling efektif adalah BAURAN PROMOSI (promotion mix), membaurkan empat alat penting dalam promosi yaitu :

  1. ADVERTENSI (PERIKLANAN)
    1. Advertensi dapat dibedakan (berdasar macam media yang digunakan) :
    2. Advertensi cetak
    3. Advertensi elektronik
    4. Transit advertising (bulletin, poster, stiker)
    5. Kiriman langsung
    6. Advertensi khusus
    7. Advertensi di luar rumah (papan reklame)

PERTIMBANGAN MEMILIH JENIS MEDIA :
1.      BIAYA (tarif pemasangan berbeda-beda)
2.      PRODUK
3.      PESAN
4.      SIFAT MEDIA YANG DITUJU

PERSYARATAN PENYAJIAN ADVERTENSI :
1.      Harus dpt menimbulkan perhatian kons
2.      Harus dapat menarik perhatian kons
3.      Harus dpt menimbulkan keinginan membeli

  1. PERSONAL SELLING
Arti  : penyajian barang secara lisan dan bertatap muka dgn calon pembeli

CIRI-CIRI PERSONAL SELLING :
a.       HUBUNGAN AKRAB,    dilakukan utk memperoleh rasa simpati dari pembeli
b.      HUBUNGAN LANGSUNG, mengadakan penyesuaian secara langsung
c.       ADA TANGGAPAN,  pembeli diharapkan mengdengarkan pembicaraan penjual, memberi reaksi dan tanggapan

  1. SALES PROMOTION
Disebut juga promosi penjualan, yang digunakan untuk merangsang pembelian barang perusahaan
Alat-alat dalam sales promotion:
1.      sampel/contoh
2.      Kupon/voucher
3.      Premi
4.      Paket harga
5.      Tawarn uang kembali (money return offer)
6.      Promosi dagang (trade promotion)
7.      Pajangan di tempat penjualan
8.      Pameran dagang
9.      Kontes
10.  undian

  1. PUBLICITY
ARTI : upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya disemua media yang dapat dibaca, dilihat didengar oleh konsumen untuk mencapai tjuan penjualan
Alat yang dpt diperlukan untuk melaksanakan publicity, adalah :
1.      Jumpa pers (press relation)
2.      Publisitas produk
3.      Komunikasi perusahaan
4.      Pendekatan (lobbying)
5.      Bimbingan (conselling)

BAHAN PERENUNGAN :
“ Saya tidak bisa memastikan apakah perubahan akan memperbaiki sesuatu, tetapi saya bisa memastikan bahwa  untuk menjadi lebih baik, sesuatu mesti harus berubah “
( George Christian Licthenberg )

4. TEKNIK MENJUAL
Teori menjual dikenal dengan TEORI AIDAS

Tahapan AIDAS :
  1. ATTENTION (perhatian)
  2. INTEREST (minat)
  3. DESIRE (keinginan)
  4. ACTION (tindakan)
  5. SATISFACTION (kepuasan)

SIFAT-SIFAT PENJUAL :
  1. Mampu berkomunikasi
  2. Penuh inisiatif
  3. Berpikir kreatif
  4. Penuh perhatian
  5. Tidak mudah putus asa
  6. Menarik, mudah bergaul dan selalu gembira
  7. Sopan santun, lurus hati dan disiplin
  8. Ketajaman daya ingat
  9. bijaksana

5. KEPUASAN PELANGGAN
FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN, ada 5 (lima), yaitu :
  1. Kualitas produk
  2. Harga
  3. Kualitas pelayanan
  4. Faktor emosional
  5. Faktor kemudahan

6. NEGOSIASI
Arti : proses tawar menawar dengan cara perundingan untuk memberi atau menerima guna mencapai kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal yang menjadi kepentingan bersama
NEGOSIASI dapat terjadi karena beberapa sebab :
  1. Ada pihak yang berkepentingan
  2. Ada masalah yang harus diperundingkan
  3. Ada keinginan mencapai kesepakatan
  4. Ada upaya menghindarkan persengketaan
  5. Ada upaya menjaga kehormatan masing-masing

STRATEGI BERNEGOSIASI
Dapat dilakukan dengan cara :
  1. WIN-WIN STRATEGY/win win solution,        (orientasinya kemenangan kedua belah pihak, tidak ada yg kalah)
  1. WIN-LOSE STRATEGY , (perundingan untuk memperoleh kemenagan mutlak dengan mengalahkan orang lain).
  1. LOSE-LOSE STRATEGY,     (didasari perasaan untuk melampiaskan kemarahan/tidak pakai akal sehat. Pihak tertentu melakukan tindakan yang dpt merugikan kedua belah pihak, sehinngga keduanya kalah.
Negosiasi dlm jual beli, meliputi :
- Harga barang
- Jumlah barang
- Waktu dan lama pengiriman
- Cara pengiriman dan alat transportasi
- Cara dan waktu pembayran
- Cara pengajuan klaim
- Asuransi dan ongkos pengiriman
- Surat perjanjian
- Jangka waktu berlakunya perjanjian

7. SALURAN DISTRIBUSI
Distribusi : kegiatan menyebarkan barang/jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Distribusi dapat dilakukan dengan cara :
* LANGSUNG
            ( PRODUSEN langsung ke KONSUMEN)
* SEMI LANGSUNG
            (Podusen menyalurkan ke konsumen melalui saluran milik produsen sendiri)
* TIDAK LANGSUNG
(Produsen menyampaikan kepada konsumen tidak langsung, karena harus melalui lembaga-lembaga penyalur)

ALASAN PERLUNYA DISTRIBUSI :
  1. Jarak konsumen dengan produsen
  2. Penghematan waktu dan biaya
  3. Pemenuhan kebutuhan konsumen
  4. Produsen dapat konsentrasi berproduksi

MAACAM-MACAM SALURAN DISTRIBUSI
DISTRIBUSI INSTENSIF, ( mengusahakan  sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih  mendekati konsumen)
DISTRIBUSI SELEKTIF, (distribusi secara terbatas, karena utk menekan biaya penjualan.
DISTRIBUSI EKSKLUSIF, (distribusi hanya pd lembaga penyalur yg menjadi sales representative produsen).

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...