Pariwisata Kebumen

Jumat, 21 Januari 2011 ·


KEBUMEN


Nama Kabupaten Kebumen berasal dari kata ki bumi yaitu keturunan kerajaan mataram, berbagai obyek wisata baik obyek wisata yang alami, kekayaan budaya hingga pemandangan alam yang indah adalah keindahan tersembunyi kabupaten kebumen. Dari pantai dengan pasir putihnya, keramahtamahan penduduknya, pemandangan stalagtit dan stalagmite yang unik hingga wisata yang mengandung resiko tapi mengasikkan. Kabupaten Kebumen adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah propinsi Jawa Tengah. Daerah atau wilayah Kabupaten Kebumen berada tepat di pesisir selatan samudera Indonesia. Wilayah Kabupaten Kebumen dikelilingi sebelah barat kabupaten Cilacap, sebelah utara Kabupaten Banyumas dan sebelah timur Kabupaten Purworejo. Daerah ini sangat cocok bagi anda yang ingin berekreasi bersama keluarga, berdua bersama pasangan maupun bersama kawan-kawan anda di kantor. Daerah yang di kelilingi oleh pegunungan kapur dan berudara sejuk serta pemandangan yang rata-rata masih asli akan banyak menimbulkan decak kagum bagi siapa saja yang berkunjung kesana. Jangan khawatir akan kehabisan obyek wisata tujuan, karena Kabupaten yang mempunyai slogan "Kebumen Beriman" yaitu (Ber-sih I-ndah A-man dan Nya-man) mempunyai banyak obyek wisata yang bisa anda kunjungi. Obyek wisata tersebut tersebar di beberapa wilayah kecamatan. Kebumen juga adalah daerah pusat industri kecil yaitu penghasil gula kelapa terbesar di jawa. Gula kelapa atau yang sering disebut gula jawa merupakan bahan baku berbagai macam makanan maupun bahan baku pelengkap makanan seperti kecap, dodol, dan lain-lain. Nelayan, adalah mata pencaharian bagi masyarakat yang berada tepat dipesisir pantai. Selain sebagai nelayan banyak juga jika tidak melaut diselingi dengan bertani atau bercocok tanam. Kabupaten Kebumen yang mempunyai hutan yang masih sangat luas, dalam beberapa tahun ini ini mempunyai devisa terbesar dari sarang burung. Sarang burung ini mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi dan sampai saat ini masih menjadi komoditi andalan. Satu hal yang tidak boleh terlupakan jika anda berkunjung ke wilayah ini adalah lanting yaitu jajanan khas kabupaten Kebumen yang terbuat dari singkong, rasanya gurih dan renyah. Lanting ini banyak dijual di sepanjang jalan Kabupaten Kebumen dan toko-toko, warung maupun pasar. Kemudian apabila menginginkan wisata kuliner, Sate Ambal adalah merupakan pilihan yang sangat cocok untuk dimakan. Dengan Ciri khas sambalnya yang terbuat dari tempe meyakinkan anda untuk kembali ke Kebumen. Sate Ambal dapat dijumpai di sepanjang Jalur Selatan tepatnya di Kecamatan Ambal 20 km dari pusat kota Kebumen .



PANTAI KARANGBOLONG


Pantai ini sangat terkenal dengan sarang burung lawetnya, terletak 18 km dari Gombong. Terdapat tiga gua dimana burung lawet tinggal yaitu Gua Pasir, Gua Karangduwur dan Gua Karangbolong. Sarang burung lawet ini dapat digunakan untuk obat campuran makanan. Pengunduhan dilakukan empat kali yaitu pada musim karo, kapat, kapitu dan kasongo dimana sebelum pengunduhan lawet ini didahului dengan upacara selamatan.

BENTENG VANDERWIJCK


Terletak di kota Gombong, 21 km barat Kebumen. Dibangun pada abad ke 18 untuk pertahanan Belanda. Mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau umum. Terdapat fasilitas pendukung antara lain : Hotel, Restoran, Ruang pertemuan, kolam renang, rekreasi air, kereta mini, Panggung hiburan dan ruang seminar.

PANTAI PETANAHAN


Dataran pantai landai berpasir yang sangat khas dengan gumuk pasir yang selalu berpindah, ini terletak 17 km ke arah selatan Kebumen. Dapat dicapai dengan kendaraan umum atau pribadi. Terdapat fasilitas pendukung seperti taman parkir, taman bermain, sanitasi, warung makan serta panggung hiburan. Di kawasan pantai ini sering digunakan untuk event festival layang-layang. Pada Syawalan hari ke 1 - 7 sangat ramai karena tradisi masyarakat Kebumen untuk berkunjung ke Pantai.

PANTAI AYAH


Terletak 11 km arah selatan gua Jatijajar tepatnya di desa Ayah Kecamatan Ayah. Terdapat Bumi perkemahan, Hutan wisata, Jalan di atas air dermaga dan wisata perahu serta dapat menikmati sea food di warung-warung atau belanja ikan segar yang dapat dibeli di TPI Ayah.

GOA JATIJAJAR


Goa Jatijajar Kecamatan Ayah, 14 km dari Ijo ke Selatan atau 42 km ke barat dari Kebumen. Patung-patung di dalam gua menggambarkan legenda Raden Kamandaka. Di Kawasan Obyek Wisata Gua jatijajar terdapat Gua Dempok, Gua Titikan, Gua Intan dan Gua Jatijajar satu paket. Di dalam Gua Jatijajar terdapat empat sendang yaitu : Sendang Mawar, Kantil, Jombor dan Puser Bumi. Apabila kita cuci muka di sendang Mawar kita akan awet muda, bila cuci muka di sendang Kantil akan meningkat derajatnya. Sendang Jombor dapat untuk wisata minat khusu Cave Diving dan di Sendang Puser Bumi orang percaya untuk Semedi.

PANTAI KARANGBOLONG


        Terletak kira – kira 18 km ke arah selatan kota Gombong. Sangat terkenal karena sarang burung lawetnya. Nama Karang Bolong berasal dari Karang dan Bolong. Karang adalah batu karang, dan Bolong adalah lubang. Karang Bolong berarti batu karang yang berlubang. Keunikan Obyek Wisata ini terletak pada hunian burung lawet di dalam gua. Terdapat 3 ( tiga ) gua dimana burung lawet tinggal yaitu Gua Pasir, Karangduwur dan Karang Bolong. Sarang burung lawet ini dapat digunakan untuk obat campuran makanan. Pengunduhan sarang lawet dilakukan 4 kali yaitu pada musim 2, 4, 7, 9 ( kalender Jawa ). Sebelum pengunduhan sarang burung lawet didahului dengan upacara selamatan.Lokasi : Pantai Karangbolong
Desa / Kelurahan : Karangbolong
Kecamatan : Buayan
Jarak tempuh : 18 km dari Gombong / 180 km Kebumen - Semarang

Fasilitas Pendukung :
Fasilitas didalam obyek wisata :
1.Taman parkir
2.Warung makan
3.Penginapan
4.MCK

Daya Tarik :
1.Wisata Pantai
2.Wisata Ziarah
3.Prosesi selamatan unduhan sarang burung lawet.

Fasilitas diluar obyek wisata :
Tansportasi Gombong – Karangbolong

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih

Search This Blog

Memuat...

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Me

Foto Saya
Rasimun Way
Lahir di Karangsambung,Kabupaten Kebumen, besar di Cepu dan Semarang. Aktivitas di SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen. Bertempat tinggal di Kutosari, Kebumen. Email : denrasimun@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Followers

 
Top

Rasimun Way | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog