Selasa, 13 Mei 2014

Sate Bebek Tambak, Kuliner Khas Banyumas


Dunia kuliner negeri kita ini sangat beraneka ragam.Setiap daerah memiliki kekhasan dan ciri tersendiri dalam pola pengolahan dan penyajian aneka makanan. Postingan saya kali ini memang tidak bisa jauh-jauh dari dunia kuliner yaitu Sate Bebek Tambak. Tambak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah terletak di ujung timur Kabupaten Banyumas, berbatasan dengan Kecamatan Rowokele (Kabupaten Kebumen).
Sate bebek (satebebek22.blogspot.com)
Apa yang menarik dari sebuah Kecamatan Tambak ini ? Jika kita melakukan perjalanan dari atau ke Yogyakarta dari arah Bandung atau Purwokerto dan sebaliknya melalui jalur selatan, kita akan melintasi sebuah kota kecamatan bernama Tambak. Di sepanjang jalan negara lintas selatan tersebut akan banyak kita jumpai tempat penjualan sate bebek. Berbagai macam model peraga promosi seperti papan reklame, banner dan warung-warung tenda bertuliskan sate bebek sangat mudah kita temukan.

Sate bebek Tambak merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging bebek yang dipotong kecil-kecil, dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sebagaimana jenis sate lainnya, sate bebek Tambak tidaklah berbeda dengan sate lain hal pemberian bumbunya. Pembedanya hanya terletak pada pengolahan bahan baku dasar berupa daging bebek tersebut.

Menurut penjual yang saya temui bahwa untuk menghasilkan daging bebek yang empuk dan tidak bau terletak dalam pemilihan bahan baku dan pengolahannya. Bebek yang digunakan adalah bebek yang gemuk dan umurnya berkisar 3 sampai 4 bulan. Untuk pengolahannya, tidak dilakukan dengan cara mempresto, tetapi hanya direbus berkisar waktu 2 sampai 3 jam. Hal yang harus diperhatikan lain adalah masalah kebersihan daging bebek yang akan diolah. Karena kunci utama agar dagingnya tidak bau dan bisa tahan lama, ada pada kebersihan daging.

Sate bebek Tambak sangat cocok jika disajikan dengan nasi yang hangat didampingi sambal kacang ataupun sambal kecap yang menantang. Dagingnya terasa gurih, empuk dan kelezatannya tak terbantahkan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa setiap melintasi daerah Tambak harus menikmati sate bebek tersebut.  

Semoga dapat menjadi referensi kuliner bagi anda. Terimakasih dan salam ...

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...