Rabu, 21 September 2011

Belanja Berhadiah Kambing

Belanja Berhadiah Kambing
Perjuangan di Semarang untuk mengikuti lomba akhirnya usai.  Tidak ada kekecewaan walau tak mampu berprestasi, yang penting adalah dapat sharing dengan teman-teman baru dari berbagai kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Lama juga rasanya tak posting dan baru kali ini sempat untuk posting dan  artikel kali ini saya mengupas tentang promosi unik yang ada di daerah saya.

Banyak cara yang dilakukan oleh badan usaha baik yang berskala kecil maupun usaha yang berskala besar untuk dapat menarik perhatian calon pembeli. Salah satu cara untuk menarik perhatian calon pembeli adalah dengan promosi. Promosi merupakan cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang akan ditawarkan supaya konsumen mengenal atau mengetahui dan membeli produk yang ditawarkan.

Promosi adalah bagian dari kegiatan pemasaran yang secara umum bertujuan untuk menarik perhatian dan mendorong konsumen untuk menggunakan produk tertentu. Bentuk promosi sendiri banyak sekali jenisnya, iklan, reklame, personal selling, promosi penjualan dan masih banyak yang lainnya. Cara bolehlah berbeda namun pada hakekatnya dapat meningkatkan omzet penjualan itu adalah tujuan utama promosi.


Beberapa ritel modern semisal swalayan, pasaraya, toserba dan sejenisnya umumnya menggunakan beberapa cara untuk menarik perhatian dari calon pembeli dengan menggunakan sistem potongan harga atau diskon, ada pula yang menggunakan model cuci gudang, paket harga dan model undiah berhadiah. 

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah model undian belanja berhadiah kambing yang dilakukan oleh salah satu ritel modern di daerah saya. Tidak ada yang salah memang, konsep pendekatan belanja dan beribadah itulah yang menurut saya  telah dicoba untuk dikembangkan. Lebaran haji atau Idul Adha yang tidak lama lagi akan datang, menjadi sebuah momen yang tepat untuk mengembangkan konsep ini.

Bagi saya ini adalah sesuatu yang baru. Sebuah kreatifitas yang patut kita hargai, terlepas dari motif-motif untuk mencari keuntungan di balik kreatifitas yang ada, karena memang itulah tujuan utama. Salam .. 



Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...