Selasa, 27 Desember 2011

Pedagang Terompet Ramaikan Alun-alun Kebumen

Tahun baru 2012 tinggal menghitung hari. Perayaan tahun baru di beberapa daerah lazimnya diramaikan dengan bunyi-bunyian terompet. Terompet hingga saat ini memang masih menjadi ciri khas untuk perayaan tahun baru. Maka tidak heran, mendekati perayaan tersebut banyak pedagang baru dari berbagai daerah untuk memanfaatkan peluang usaha dengan mencari keuntungan menjual aneka ragam terompet. 
Aneka terompet di Alun-alun Kebumen
Di Kebumen pedagang terompet banyak kita jumpai di Jalan Pahlawan dari Pasar Tumengungan sampai ujung alun-alun sebelah utara sekitar kompleks SD Kutosari. Di Jalan Kusuma juga banyak berjejer penjual terompet dengan berbagai macam jenisnya. Tak terkecuali kawasan alun-alun Kebumen, yang menjadi sentral perayaan tahun baru di Kebumen. Hampir sebagian besar penjual terompet memadati kawasan ini secara melingkar dari sekitar lokasi depan Masjid Agung, depan Dinas Dikpora, depan kantor Setda Kebumen hingga depan rumah dinas Bupati Kebumen.  

Mayoritas pembeli terompet untuk saat ini, mendekati tahun baru adalah anak-anak kecil. Tetapi pada saat perayaan tahun baru nanti, pembeli terompet tidak hanya anak-anak saja, tua muda semua bermain terompet melewatkan detik-detik akhir di tahun 2011 dengan gembira. Terompet yang dijajakan para pedagang ini sangat variatif harganya, mulai dari yang model  terompet yang sangat sederhana hanya dikenakan harga Rp 5.000,-. Sedangkan untuk terompet-terompet dengan model-model yang menawan, seperti bentuk saksofon, bentuk naga dan bentuk-bentuk lainnya yang unik dapat mencapai harga Rp 30.000 per buah.

Perayaan tahun baru di Kebumen memang selalu menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Hal ini karena tanggal 1 Januari 2012 merupakan hari jadi Kebumen, maka selain bunyi-bunyian terompet, pesta kembang api akan lebih memeriahkan perayaan tersebut. Selain itu mulai tanggal 27 Desember ini sampai 2 Januari 2012 akan diselenggarakan Expo Kebumen 2011 sebagai kegiatan yang menunjang perkembangan dan kemajuan kota Kebumen.

Salam ..

2 komentar:

Andy mengatakan...

Iya,aku juga merasakan hal yang sama mas,soalnya ditempat kerja aku daerah kebayoran juga dah mulai ramai disesaki para penjajah terompet dari berbagai sudut
Mungkin itu berkah untuk mereka,toh juga setahun sekali jual terompet'a mereka

Rasimun Way mengatakan...

@Andy : ciri khas menjelang tahun baru, jadi inilah kesempatan mereka2 untuk memanfaatkan peluang.

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...