Senin, 08 Agustus 2011

Ramadhan, Penyakit dan BBM

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan. Tanpa terasa sudah sepekan terlampaui, dan semoga kita semua diberikan kekuatan dan perlindungan sehingga dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.  Semoga dengan momentum Ramadhan kali ini kita dapat lebih meningkatkan nilai keimanan kita terhadap Sang Khaliq dan menjauhkan diri dari larangan-larangan-Nya.

Ramadhan adalah pengharapan, karena banyak orang berharap selalu bertemu  dengan Ramadhan. Hal ini tentu karena Ramadhan adalah sangat istimewa, diantaranya adalah kewajiban kita untuk menjalankan puasa. Hikmah dari puasa Ramadhan diantaranya adalah sebagai pembersihan dan pelatihan jiwa, sebagai sarana peningkatan rohani dan pembinaan diri untuk mensyukuri nikmat yang ada. Maka berbahagialah kita sebagai umat masih diberikan kesempatan untuk menikmati indahnya Ramadhan saat ini. Syukur kita  semua dapat mengerjakan beberapa amalan di bulan yang penuh keberkahan, rahmat, kasih  sayang, keutamaan dan pelipatgandaan amal kebaikan. 

Amalan-amalan kebaikan di bulan Ramadhan yang dianjurkan adalah bersedekah (shadaqah), Qiyamul Lail (Tarawih),  Tadarus Al-Qur'an, I'tikaf, memperbanyak do'a dan bagi yang berkecukupan dapat melaksanakan umroh. Rambu-rambu di atas perlu di amalkan oleh kita semua untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankannya dan terhindar dari hal-hal yang menjadi sumber (penyakit) kurangnya atau hilangnya nilai ibadah kita. 

Penyakit berbahaya yang harus kita hindari dalam bulan Ramadhan adalah :
1. MAG : Menghibah alias Gosip
2. TBC : Terlalu Banyak CingCong, atau mengadu domba
3. ASAM URAT = Asyik-asyik aja mengumbar Aurat
4. TYPUS = Tipu-tipu alias Apus-apus

Mohon maaf  jika bahasanya terkesan amburadul, kalo tak boleh dibilang gaul. Akhirnya harapan kita semua dapat terhindarkan dari segala penyakit di bulan Ramadhan sehingga puasa kita adalah puasa yang bermakna, bukan sekedar berlapar-dahaga saja.

Sebagai penutup ada saya tuliskan tentang petuah seorang Ustad saat menyajikan kultum yang menarik perhatian saya, yaitu tentang isitlah BBM keterkaitannya dengan bulan Ramadhan :
1. BBM : Bulan Barokah Maghfiroh;
2. PREMIUM : Prei makan minum; 
3. SOLAR :  Sholat yang benar dan lancar;
4. MINYAK TANAH : Meningkatkan keimanan dan tambah ibadah; dan 
5. PERTAMAX : Pertebal iman dan taqwa, jauhi maksiat.

Sekian, selamat menjalankan ibadah puada Ramadhan. 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Tips yang bermanfaat selama Ramadhan,
semoga mendapatkan kemenangan.

Rasimun Way mengatakan...

Ok..terima kasih

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...