Minggu, 17 April 2011

Catatan Tanggal 16 April 2011 di Hari Sabtu

Pagi di hari Sabtu, 16 April 2011 seperti biasa menjalankan aktivitas menuju ke sekolah di wilayah Ambal. Tampaknya ada sesuatu yang berbeda pagi itu, di pelataran kantor Polsek Ambal banyak armada truk milik POLRI dan juga kendaraan lain. Di Persimpangan empat depan Kecamatan Ambal pun demikian. Feeling saya saat itu, mungkinkah ada sesuatu yang akan terjadi terkait aktivitas warga Setrojenar Kecamatan Buluspesantren yang selama ini berkonflik dengan TNI ?


Dentuman senjata TNI terdengar dari sekolah karena memang jarak sekolah dengan pantai selatan hanya sekitar 2 Km saja. Oooo ..ternyata TNI telah mengalihkan latihannya di pantai Ambal karena latihan di sekitar pantai Bocor ditentang warga Setrojenar. Tapi apa hubungannya dengan aparat POLRI di wialayah pantai selatan yang siap siaga di sepanjang jalan Daendels ? Tak seperti biasanya ...

Jam pembelajaran selesai,  H-2 segala sesuatu tentang pelaksanaan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan tanggal 18 hingga 20 April 2011 telah dipersiapkan. Persiapan selesai jam 13.00 dan saya pun meluncur pulang. Dalam perjalanan semakin banyak kutemui aparat keamanan di pinggir jalan dan ketika sampai di timur Kantor Kecamatan Buluspesantren terlihat banyak sekali warga bahkan gapura pintu masuk ke pantai pun telah dirobohkan oleh warga. Waduhhh ... jangan-jangan konflik akan meletup dengan tindakan-tindakan kekerasan. 

Sore hari sebuah heli terbang rendah di atas rumah saya dan sekitar alun-alun Kebumen, bahkan saya sempat keluar melihat situasi. Ternyata heli mendarat di Stadion Candradimuka Kebumen, dan kekhawatiran saya pun terbukti. Bentrok pun terjadi ... Melalui informasi teman dari Brecong, Buluspesantren dipastikan telah terjadi bentrok antara TNI dan warga. Beberapa warga dibawa ke RSUD Kebumen dan rumah sakit lain karena luka tembak. Melalui running text di sebuah televisi terlihat jelas informasi bentrok itu dan tayangan eksklusif disebuah televisi memperjelas pula.  Hmmmm .... hanya mengelus dada !!

Tidak ada komentar:

Panorama Pantai Menganti

Dalam sebuah kesempatan saya menemani dua orang tamu dari Malang, dalam rangka melakukan pendampingan sebuah program di sekolah. Usai kegiat...